BERITA MILENIALHot News

Rumah Makan Seruwit Hj. Yohana Di Metro

            Anda pernah mendengar seruwit? Bagi masyarakat lampung seruwit adalah salah satu olahan ikan yang kreatif, mengakar dari budaya lampung dari waktu ke waktu membuat makanan ini menyatu dan menjadi khas masakan lampung. Makanan khas ini bisa dibuat dengan berbagai carian ikan sebagai menu utamanya setelah itu diolah menjadi pindang ataupun ikan bakar, sebagai pelengkap juga seruit menyajikan 3 jenis sambal mentah yaitu sambal terasi, sambal manga dan sambal nanas.

            Kemudian disamping itu ditaruh tempoyak dari bahan baku durian, dan bahan-bahan ini dicampur dengan ikan baung ataupun ikan patin yang diberi kuah, sehingga orang-orang lampung bilang nyeruit.

            Sebenarnya makanan khas lampung ini sangat perlu dilestarikan, atau bahkan perlu dikembangkan agaranak cucu anda tahu, bila ada makanan yang sangat lezat serta warisan budaya lampung yang layak diperkenalkan kepada wisatawan baik itu luar lampung maupun luar negeri yaitu seruit.

            Untunglah salah satu rumah makan seruit di kota metro yaitu Hj. Yohana masih melestarikan masakan ini, sebenarnya tempat makan ini ada 2 yaitu cabang utama di kota metro dan sau cabang lagi dari kota Bandar lampung, yang memanglah memiliki citarasa seruit yang khas dan tentu saja enak untuk di santap, selain itu seruit HJ. Yohana juga menyajikan menu makanan lain khas lampung, untuk tempat makan sendiri ada ornament-ornamen khas kota lampung, owner seruit yaitu Hj. Yohana mengatakan bahwa ia bermula membuka rumah makan ini pertama kali di metro, dan waktu itu sangat laris manis, karena itu ia membuka cabang juga di kota Bandar lampung “pertama saya buka usaha rumah makan seruit di kota metro, Alhamdulillah saya lancar dan maju, dan bukan cabang disini. Untuk ikannya kita ambil di wilayaha seputih, bukan ikan di kolam, untuk satu hari kita kira-kira menghabiskan ikan sebanyak 20 sampai 30 kilogram, apalagi di akhir pekan bisa-bisa 30 kilogram sampai 40 kilogram”. Kata HJ. Yohana

            Dita salah satu pengunjung mengatakan bahwa “tempat HJ. Yohana ini adalah temapt favorit saya jika makan ikan baung, pindang ikan baungnya sangat enak dan terbaik di kota metro, saya kangen rasanya”. Kata dita

            Mahmud Sanusi pengunjung lain juga berkomentar bahwa “jujur saya ini perantauan dari Palembang, ketika makan disini saya berasa makan di rumah saya Palembang, padahal pada saat itu makan di rumah makan, mungkin karena memang tempatnya seperti rumah dan nyaman serta masakannya yang nikmat dan lezat khas masakan ibu rumah tangga, adapun menu-menunya seperti pindang baung, gurame bakar dan ayam bakar, ditambah lagi rasa tempoyak yang mantap itu enak banget”. Kata Mahmud.

            Memanglah banyak sekali pengunjung di rumah makan HJ. ROhana Tejoagung kota metro ini, bentuknya memang tidak seperti rumah makan karena sebenarnya rumah bekas tempat tinggal HJ. Rohana yang dijadikan rumah makan, untuk lahan parkir lumayan luas, bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat makan ini apalagi membawa keluarga anda, tempat ini sangat direkomendasikan untuk anda. Tempatnya berada di  Tejoagung, Kec. Metro Tim., Kota Metro.

            Terima kasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat dan teruslah baca artikel lainnya di milenialsID.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Close