Hot NewsTIPS & TRICKS TEKNO

Memanfaatkan Hebohnya Virus Corona, Ramsomware Ini Menyebarkan Virus Di Smartphone Anda

            Seperti yang kita ketahui, akhir-akhir ini virus corona menyebabkan kehobahan luar biasa di seluruh dunia bahkan di indonesia, bagaimana tidak, dalam waktu kurun 2 bulan saja indonesia sudah terinfeksi sebanyak 350 an kasus, sungguh ini diluar dugaan pemerintah indonesia, dengan memanfaatkan virus corona ini, ada juga oknum-oknum yang mengambil kesempatan untuk berbuat jahat, caranya adalah ia menyebar virus ransome war dengan memangfaatkan isu corona ini.

            Virus ransomeware ini memanglah sangat berbahaya, virus yang diberi nama corona ini berbentuk aplikasi yang bernama covidlock, aplikasi android ini mengaku mampu melacak penyebaran epidemic coronavirus di seluruh dunia, dan ternyata setelah di teliti, aplikasi ini menyembunyikan ransomware yang berbahaya. Dikutip dari GizChina (17/3/2020) aplikasi ini akan mengunci smartphone anda sebelum meminta tebusan berupa bitcoin.

            Bitcoin adalah alat bayar elektronik yang populer belakangan ini, covidlock juga diketahui mampu merusak keamanan komputer anda melalui domainstools. Tetapi untungnya aplikasi ini tidak tersedia di google playstore.

            Aplikasi ini hanya tersedia di situs-situs seperti coronavirusapp, dan sejak awal peretas telah menggunakan kartu pelacak online guna menyebarkan malwarenya, setelah kalian install maka smartphone kalian akan terkunci dengan sendirinya. Harap juga menjadi catatan kalian bahwa ransomeware hanya dapat digunakan pada ponsel tampa kata sandi.

            Covidlock ini akan secara teratur mengganti kata sandi di smartphone anda secara otomatis demi mencegah anda mengakses perangkat anda, dan setelah ponsel anda terkunci lalu peretas memberikan syarat selama 24 jam untuk menyetor 100$ dalam bentuk bitcoin.

            Sebagai imbalannya juga mereka setuju untuk tidak menghapus data-data kalian dan tidak mengungkapkan konten pribadi di jaringan sosial kalian. Setelah peretas menerima uang tebusan, peretas juga berjanji akan memberikan kode untuk membuka perangkat anda.

            “Kami juga akan memantau lokasi GPS anda dan posisi anda, jika anda mencoba untuk melakukan sesuatu yang sangat bodoh, karena handphone anda di tangan kami, datanya akan secara otomatis terhapus jika berbuat hal yang bodoh”. Pesan ini adalah pesan peringatan dari peretas.

            Jadi untuk kalian sobat milenialsID, harap berhati-hati untuk menginstall aplikasi yang kira-kira mencurigakan agar tidak terkena kasus penipuan seperti yang kami ceritakan diatas, terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan teruslah baca artikel lainnya hanya di milenialsID.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Close