TIPS & TRICKS TEKNO
Trending

Microsoft Berencana Luncurkan Antivirus Untuk Smartphone iOS Dan Android

            Microsoft, siapa yang tidak mengenal perusahaan tersebut, setelah berita menggemparkan bahwa Microsoft mundur dari pengembangan OS windows yang berdampak pada kelangsungan sistem Smartphone OS windows itu sendiri, dan setelah pengumuman mengejutkan tersebut lalu beberapa bulan berikutnya microsoft juga mulai membuat smartphone yang OS nya memakai Android tidak hanya itu saja, kabar lainnya juga tak kalah menghebohkan dimana Microsoft juga akan meluncurkan aplikasi antivirus unggulan mereka di desktop windows, yaitu Defender dan istimewanya kedua OS yang sedang bersaing yakni Android dan iOS pun bisa menjalankannya.

            Tetapi tampaknya mereka juga belum siap untuk mengungkapkan cara kerja antivirus ini, apakah sama dengan aplikasi windows defender di dekstop? Atau malah sebaliknya sangat berbeda.

            Rencananya juga Microsoft ini akan membuka banyak detail tentang aplikasi besutan mereka, pada pergelaran RSA Conference, dan menurut kabar yang beredar, aplikasi ini kemungkinan besar akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan versi desktop karena mengingat platform iOS tidak memungkinkan untuk memindai malware di iphone ataupun ipad.

            Berbanding terbalik dengan android yang memang saat ini banyak sekali antivirus di google playstore, dan tentu kehadiran antivirus dari Microsoft ini yaitu defender akan mewarnai pasar yang sangat ramai di google playstore, sebenarnya google dan apple telah membentengi sistem operasi mereka tersebut dari serangan malware, tetapi sepertinya Microsoft berpendapat bahwa pengamanan mereka belum cukup aman 100% dari serangan virus sehingga masih dibutuhkannya sebuah aplikasi yang dapat mendeteksi dan mencegah penyebaran virus tersebut di perangkat pengguna.

            Di tambah lagi walaupun mereka mengklaim celah tersebut tidak tersusupi malware, nyatanya pengguna masih sering mendapatkan malware setelah mendownload aplikasi melalui pihak ketiga atau menggunakan toko aplikasi bawaan. Microsoft juga menambahkan jika aplikasi mereka akan sangat berfokus di dalam mencegah malware dan phising. Karena mengingat akhir-akhir ini banyak sekali kasus phising yang mengarah ke pegawai perusahaan, youtuber tentu gunanya untuk mencuri data privasi serta informasi akun.

“mereka (antivirus lain) cukup aman, tetapi cukup aman itu berbeda dengan aman. Dan malware masih bisa muncul di platform tersebut” kata corporate VP Microsoft Rob Leffers yang dikutip dari CNBC.

            Antivirus ini diperkirakan akan melunur didalam tahun ini, tetapi belum diketahui tanggal yang pasti tentang peluncuran aplikasi ini, yang memanglah kabar tersebut sudah lama erhembus setelah mereka menghadirkan defender di macOS.

            Itulah tadi kabar terbaru dari Microsoft tentang rencananya untuk meluncurkan antivirus pada OS iOS dan Android seperti yang ada di desktop windows, semoga memang antivirus yang dibuat oleh Microsoft ini akan mencegah terjadinya penyusupan malware ke sistem smartphone kita, terima kasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat, dan teruslah baca artikel lainnya hanya di milenialsID.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Close