BERITA MILENIAL
Trending

Meraup Untung Di Gagahnya Burung Garuda Pancasila

            Tahun ajaran baru memanglah membawa berkah bagi sebagian kalangan, contohnya saja penjual buku ataupun penjual baju sekolah, belum lagi toko alat tulis pastinya berimbas di tahun ajaran baru ini, tak terkecuali patung burung garuda pancasila yang sering kita temui di gedung-gedung pemerintahan, sekolah ataupun di perkantoran. Dibalik gagahnya burung ini pastinya terdapat jejak tangan pengrajin-pengrajin yang menciptakannya, para pengrajin ini membuat burung garuda biasanya dari berbagai macam bahan, ada yang dari resin, kayu, maupun logam dengan berbagai ukuran.

            Meski patung-patung ini tergolong tahan lama dan tidak mudah rusak, tetapi pesanan-pesanan patung garuda ini pastilah mengalir di berbagai tempat, apalagi sewaktu awal tahun seperti sekarang ini, karena memanglah di berbagai tempat terutama kantor dan gedung pemerintahan membutuhkan burung gagah ini, tak terkecuali di kota metro.

            Di kota metro sendiri ada pengrajin yang sudah menggeluti sejak lama pembuatan patung burung garuda ini, nama tempatnya adalah sanggar wisnu, mas wisnu sendiri sekarang sudah banyak pekerjanya, rupanya tak hanya burung garuda yang di buat disini, tetapi banyak pernak-pernik seperti patung gajah ataupun siger khas lampung. Tetapi untuk sekarang kita fokus dahulu di patung garuda, satu patung garuda buatan sanggar wisnu yang ukurannya sekitar 50 x 50 dibanderol dengan harga Rp. 200.000 perbuah, sungguh harga yang cukup menggiurkan, apalagi bahan pembuatan patung ini terbuat dari risen, yang notabene bahan tersebut gampang untuk ditemui, saat ini sanggarwisnu mendapatkan pesanan sekitar 50 buah dari lampung timur, dan sisanya di beberapa wilayah lampung.

            Untuk pemesanan sendiri terkadang sanggar wisnu menerima orderan dari luar kota dan sebagai media promosi sanggarnya memakai media sosial sebagai media promosi yang utama. Untuk produksi satu hari, patung garuda ini bisa diproduksi sampai 30 unit, tergantung dari cuaca karena pengeringannya memanglah masih menggunakan cahaya matahari. Walaupun patung garudanya sekarang banyak menggunakan bahan resin tetapi sanggar wisnu tidak menutup kemungkinan untuk membuat patung garuda dari bahan kayu, “sesuai pesanan mas, bahkan selain garuda kita juga bisa membuat motif-motif custom yang lain, artinya menyesuaikan zaman” kata pemilik sanggar wisnu yang sering disebut dengan mas wisnu.

            Untuk karya-karya sanggar wisnu sendiri mungkin anda sebagai warga lampung pernah melihatnya, yaitu patung perbatasan Lampung Timur dan kota Metro, patung Muli Mekhanai di pusat kota Metro, patung gajah di bandara Radin Inten II International, Tugu 9 Gajah Gunung Sugih, patung Badak Sumatera di kantor bupati Lampung Timur, dan terakhir maskot KPU kota Metro.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Close