Hot NewsTIPS & TRICKS TEKNO
Trending

Alasan Kenapa Kamera Smartphone Apple Lebih Baik Dari Pada Smartphone Android ?

            Kebanyakan dari penyuka android pastilah bertanya-tanya mengapa harga Iphone ini lebih mahal dari pada android, bahkan 2 kali lipat harganya, tentu saja ada alasannya, tetapi mungkin saja pengguna android berfikir tidak mungkin harga yang begitu tinggi karena kualitas kamera Iphone, jika kita bahas dari sisi fisik kamera saja, kamera Iphone cenderung kecil dan tidak mencerminkan kamera yang berkualitas. Tetapi itu semua salah, karena ternyata kamera smartphone apple justru lebih baik dari pada kamera smartphone, bagi anda yang ingin beralih ke iphone, harus wajib membaca artikel ini.

            Memanglah jika melihat spesifikasi fisik bisa dibilang android memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan iOS, seperti pada sektor kamera yang telah kita bahas di atas tadi yang kebanyakan memiliki resolusi yang sangat besar, sedangkan apa yang ditampilkan iphone di iklan-iklan relative memiliki kamera dengan resolusi yang tidak terlalu besar, tetapi jikalau anda coba menjepret dari kamera iphone ini, biasanya hasilnya lebih baik dari hasil jepretan kamera smartphone android.

            Ini juga merupakan bukti bahwa kamera apple iphone pastinya lebih baik dibandingkan dengan android, padahal resolusi yang ditawarkan oleh kamera android lebih besar dari kamera smartphone apple, dan bisa dikatakan beda kelas dan jauh, inilah alasannya kenapa kamera apple lebih bagus dari android versi milenialsID.

  • Resolusi lebih kecil, tetapi sensor lebih besar

Jika kita lihat penjelasan diatas bahwa resolusi kamera iphone terbilang kalah jauh dari android, apple masih mempertahankan resolusi 8 MP hingga 12 MP, itulah sebabnya kamera mereka terbilang kecil dan mini, sedangkan seperti langit dan bumi jarak resolusi android sekarang rata-rata sudah mencapai 64 MP sampai 108 MP.

Rupanya ada alasan tersendiri kenapa iphone masih mempertahankan resolusi kamera yang kecil seperti penjelasan diatas, ternyata dibandingkan dengan memperbesar resolusi kameran apple lebih memfokuskan memperbesar ukuran sensor pada kameranya, langkah ini jauh dinilai lebih efektif untuk mempertajam gambar dibandingkan dengan memperbesar ukuran resolusi kamera. Seperti yang kita lihat di perangkat apple iphone s5, ketika anda melihat di youtube ataupun me review sendiri, kameranya menggunakan resolusi mulai dari 10 MP hingga 13 MP, Iphone 5s masih menggunakan kamera dengan resolusi sebesar 8 MP.

Walaupun begitu sebagai gantinya apple justru memperbesar ukuran sensornya sebanyak kira-kira 15 % dibandingkan dengan iphone keluaran sebelumnya, dan dari ukuran mikron juga diperbesar menjadi 1,5 mikron dari sebelumnya 1.4 mikron. Dan hasilnya terbukti efektif, hasil jepretan dari iphone 5S dinilai lebih baik jika dibandingkan dengan hasil jepretan smartphone android dengan resolusi 10 MP. Rupanya sensor ini memang cukup berpengaruh dalam proses pengambilan gambar, semakin besar ukuran sensor maka akan semakin banyak juga tangkapan cahaya yang berhasil di ambil kamera sehingga hasil bidikan akan terlihat lebih jernih dan juga sangat berpengaruh mengurangi noise.

  • Prosesor buatan sendiri

Perlu kalian ketahui iphone menggunakan prosesor langsung buatan sendiri, karena ini juga apple lebih ringan dan sangat diberikan keleluasaan untuk mengembangkan berbagai macam fitur yang dimiliki oleh iphone, termasuk kamera, contohnya saja pada prosesor A7 apple meluncurkan fitur image signal prosesor. Gunanya untuk mengolah semua aktivitas yang berkaitan dengan proses terjadinya gambar. Seperti color correction, White and Balance, dan format yang digunakan. Lalu di prosesor A9, apple kembali mengeluarkan fitur tambahan yaitu live photo yang gunanya untuk menghasilkan foto bergerak mirip dengan format GIF, foto ini di klaim apple seolah-olah terasa nyata dan hidup, meski kenyataanya hanya sebuah tangkapan kamera. Penggunaan prosesor buatan ini juga menjadi salah satu alasan kenapa apple ini harganya sangat mahal dibandingkan dengan perangkat smartphone lainnya.

  • Memiliki flash yang istimewa

Rupanya flash ini penting untuk sebuah kamera smartphone, karena flash inilah yang membuat kamera iphone berbeda dari android, flash iphone dibuat menggunakan konsep dan format true tone, sehingga menghasilkan lampu LED yang jumlahnya sangat banyak, bahkan lebih banyak dari android. Banyaknya jumlah LED ini mempengaruhi hasil foto pada kondisi minim cahaya, dan itulah kenapa hasil gambar kamera iphone lebih bagus walaupun ditempat yang minim cahaya. Apple juga mengkalim bahwa lampu flash mereka menghasilkan 1000 variasi warna yang menyesuaikan dengan sumber cahaya. Selain itu menghasilkan juga skin tone yang lebih natural.

  • Fitur khusus

Apple iphone menggunakan system stabilitas optic khusus yang mampu bergerak lebih cepat ketika membidik, kecepatan inilah yang dapat membuat hasil pengambilan gambar menjadi lebih stabil. Apple memanglah banyak berinvestasi di kamera sehingga bisa setara dengan kamera professional.

Itulah tadi alasan kenapa kamera smartphone apple lebih baik dari pada smartphone android, terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan teruslah baca artikel selanjutnya di milenialsID.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Close