BERITA MILENIALHot News
Trending

Manjakan Lidah Anda Dengan Pecel Lontong Buk Tun Kota Metro

Sobat milenials pasti tahu bukan tentang pecel ? itu yang dibilang orang luar negeri salad, di tempat kita biasa disebut pecel ataupun gado-gado, di Kota Metro Prov. Bandar Lampung ada pecel yang sudah legenda dan tak terasa sudah lebih dari 33 tahun atau sejak 1987 pecel ini berdiri, namanya pecel Buk Tun yang berjualan pecel lontong, tempatnya pun tidak berubah, masih dijalan yang sama, yaitu jalan Selagai, Iringmulyo, Kec. Metro Timur. Kota Metro. Di zaman sekarang pecel lontong ataupun nasi ini sudah sangat jarang ditemui, apalagi anak muda sekarang lebih memilih nongkrong ataupun makan di tempat yang modern dan juga makanan yang lebih modern, contohnya saja sekarang sudah banyak bertaburan kedai sosis bakar, serta jajanan cepat saji lainnya. dan tentunya seiring perkembangan zaman pecel juga menjadi kurang diminati, itu memanglah dikeluhkan oleh ibuk tun.

            Jikalau kita melihat sejarah pecel di indonesia, pecel sudah ada dari zaman kerajaan nenek moyang kita dahulu, tetapi untuk saat ini di metro sudah sangat jarang sekali kita temui. Di warung buk tun sendiri menunya cuma ada pecel, dengan harga seporsi pecel Cuma Rp. 6000. Sangat terjangkau untuk kalangan pelajar ataupun masyarakat menengah kebawah. Dan tidak bisa kita pungkiri juga kandungan pecel dengan berbagai sayuran hijau pastinya menyehatkan tubuh kita, dan banyak vitaminnnya, dengan harga Rp. 6000, kalian bisa menikmati porsi pecel dan nasi yang saya kira itu cukup banyak dan mengenyangkan, apalagi ada krupuk sebagai pelengkap makanan ini. Jikalau berbicara rasa, jangan ditanya lagi. Bumbu pecel buk tun yang khas menjadi rahasianya ia bertahan lebih kurang 33 tahun, pecel buk tun buka mulai dari pukul 12 siang sampai jam 6 sore, dan bukanya juga setiap hari.

            Jikalau membahas tentang pecel tak lengkap rasanya, jikalau tak membahas cara membuat kuah pecel yang enak dan gurih, untuk itu milenialsID akan membagikan tips ala membuat kuah pecel ala milenialsID.

            Bahan-Bahan :

  • 1 genggam kacang tanah yang telah di sangrai
  • 3 siung bawang putih yang telah di sangrai
  • 7 buah cabai rawit (sesuai selera)
  • 2 buah cabai merah yang telah di sangrai
  • 1 ruas jari kencur yang telah di sangrai
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 sendok makan gula merah sisir
  • 1 sendok teh asam jawa
  • Dan garam secukupnya.

Cara Membuat :

  • Campurkanlah semua bahan yang sudah di sangrai, kemudian haluskan bisa dengan cara diuleg ataupun di blender.
  • Jika ingin segera disajikan, encerkan saja bumbu pecel dengan air secukupya dan sajikanlah bersama sayuran yang telah direbus sesuai selera sobat milenials, ataupun jika belum mau di santap segeralah simpan bumbu ini ke dalam wadah kedap udara dan letakkan di dalam lemari es jika tidak di gunakan lagi.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Close