Hot NewsTIPS & TRICKS TEKNO
Trending

Google Keyboard Macet? Simak 5 Cara ini Untuk Mengatasinya

            Di tahun 2020 ini sudah banyak sekali pengguna android yang memakai google keyboard, selain aplikasi ini ukurannya kecil serta fitur-fiturnya pun makin canggih, contohnya saja anda bisa mengetik text tampa menekan huruf di Gboard melainkan hanya menulis hurufnya di layar smartphone anda layaknya menulis di kertas. Karena hal inilah aplikasi pengetikan Gboard ini bisa digunakan pada semua smartphone, baik iphone maupun android. Untuk android terlebih lagi android 9 dan 10 keyboardnya sudah di install Gboard secara otomatis, tetapi selain banyaknya fitur-fitur yang canggih rupanya aplikasi-aplikasi yang lain belum banyak yang bisa berkolaborasi dengan Gboard, hasilnya adalah Gboard tiba-tiba macet atau berhenti dan muncul tulisan “Not Working”.

            Jika sobat milenialsID pernah mengalami hal ini, jangan khawatir, dan jangan dahulu buru-buru menghapus permanen Gboard anda, karena milenialsID punya solusinya untuk Gkeyboard yang berhenti tiba-tiba.

  1. Restart Ponsel

Cara yang pertama adalah cara yang paling mudah, sobat hanya perlu menekan tombol power kemudia pilih muat ulang atau yang biasa disebut dengan restart. Biasanya seelah di restart maka aplikasi gkeyboard akan berjalan seperti biasa, karena dengan merestart, handphone anda akan memuat kembali dan memperbaiki aplikasi-aplikasi yang tidak bekerja sesuai perintah processor.

  • Bersihkan sampah aplikasi Gboard

Terkadang jika terjadi pembaruan aplikasi, sistem aplikasi tidak merespon atau biasa yang disebut dengan crash, crash biasa disebabkan oleh konfilk di dalam penyimpanan handphone anda yang tiba-tiba, cara memperbaiki crash ini dengan membersihkan cache Gboard, adapun caranya pertama anda buka dahulu menu settings atau pengaturan, lalu ketuk “apps” atau menu aplikasi, geser layar anda kebawah hingga menemukan aplikasi Gboard, lalu ketuk aplikasi tersebut. Nantinya akan muncul info aplikasi lalu anda ketuk lagi tombol storage atau penyimpanan, kemudia nanti akan keluar tampilan dan carulah lalu ketuk clear cache atau bersihkan cache.

  • Uninstall Update Atau Copot Instalan Terbaru

Pembaruan Aplikasi Dilakukan Karena Berbagai Alasan, Diantara alasan-alasan itu salah satunya fitur baru, bug, keamanan dan sebagainya. Tetapi kadang kala pembaruan juga dapat merusak aplikasi, untuk itu cobalah uninstall update an anda, caranya adalah buka menu settings -> ketuk menu aplikasi atau apps -> gulirkan ke bawah hingga menemukan aplikasi Gboard, lalu pilih saja tiga titik vertical di sebelah kanan atas layar anda, lau disana akan muncul Uninstall Update atau copot pemasangan, ketuk saja itu lalu ketuk ok atau yes.

  • Paksa Berhenti Atau Force Stop

Cara yang keempat adalah menghentikan aplikasi secara paksa, caranya sangat mudah yaitu cari dan pilih menu pengaturan -> lalu cari menu aplikasi -> cari aplikasi Gboard -> lalu akan muncul app info kemudia ketuk saja force stop atau paksa berhenti.

  • Aktifkan keyboard di pengaturan keyboard atau enable keyboard

Sebanarnya ini adalah trik lama yang kadang berhasil atau tidak berhasil tergantung jenis smartphonenya, jadi ketika sobat menginstall Gboard, sobat bisa mengaktifkan keyboard lain di pengaturan, caranya adalah buka menu pengatura -> pilih bahasa & input -> pilih keyboard yang saat ini dipakai, dan ketuk choose keyboard atau pilih keyboard yang nantinya akan memunculkan menu aktif dan non aktif, lalu tekan saja non aktifkan semua setelah non aktif, lalu tekanlah lagi tombol aktifkan, maka aplikasi Gkeyboard akan kembali bisa anda pakai.

Itulah tadi cara mengatasi Gkeyboard yang masuk, sebenarnya masih banyak cara lain, tetapi menurut milenialsID ini cara yang termudah, terima kasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat dan teruslah baca artikel lainnya di milenialsID.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Close