Hot NewsTIPS & TRICKS TEKNO
Trending

Cara Membuat Kode QR Gratis

Pernahkah kalian melihat kode QR ? sekarang kode QR memanglah lagi trend-trendnya bahkan pada saat UAN kalian pasti melihat kode QR yang tertera di lembar jawaban kalian, seperti yang kita tahu bahwa sekarang ini scan kode QR merupakan salah satu pilihan agar mempermudah mengakses sesuatu seperti misalnya ketika kalian ingin menambahkan kontak kedalam handphone kalian. Jika dahulu ketika kalian ingin menambahkan kontak kedalam handphone, kalian harus memasukkan nomornya terlebih dahulu dan itu pastinya akan sangat membosankan ditambah dengan salah ketik nomor.

Sekarang kalian tidak perlu melakukan hal itu lagi sobat, karena dengan adanya inovasi ataupun teknologi scan kode QR kalian tidak perlu melakukan hal yang membosankan tersebut. Karena dengan adanya kode QR ini, untuk menambahkan kontak kalian hanya tinggal melakukan scan dan pastinya akan secara otomatis kontak tersebut ditambahkan ke handphone kalian.

Tapi fungsi sebenarnya dari kode QR ini tak hanya untuk itu saja sobat milenialsID, melainkan bisa dilakukan untuk hal yang lainnya seperti pembayaran dan juga yang lainnya. Pernahkah kalian berpikir tentang bagaimana sih sebenarnya kode QR itu dibuat ? Tenang saja karena pada artikel kali ini milenialsID akan membagikan tips ataupun tutorial tentang bagaimana caranya membuat kode QR sendiri dengan sangat mudah dan cepat untuk pemula. Berikut tutorialnya :

1.            Langkah pertama yang harus kalian lakukan ialah silahkan buka browser yang ada di handphone ataupun komputer dan juga laptop kalian lalu silahkan buka website keremerkan.net

2.            Kemudian pada awal tampilan websitenya seperti berikut

Pada tampilan ini, silahkan kalian klik dan pilih di bagian atas pada tulisan “ QR Code and 2D Code Generator”

3.            Setelah itu silahkan kalian scrool kebawah dan kemudian akan ada tampilan seperti berikut :

Klik di bagian “ Select  a Code Action” dan kemudian pilih media yang akan kalian gunakan, sebagai contohnya gunakan email

4.            Kemudian pada bagian “Mail Recipient” silahkan kalian masukkan alamat email kalian

5.            Selanjutnya silahkan kalian berikan subject atau induk tulisan yang akan muncul ketika kode ini di scan.

6.            Lalu pada bagian body, silahkan kalian masukkan kata-kata ataupun kalimat yang ingin kalian tuliskan didalamnya, semuanya terserah kalian.

7.            Pada bagian “error Correction Level” ubah menjadi High

8.            Ubah Block Size in Pixels menjadi 30

9.            Ubah margin size nya menjadi 10

10.          Dan yang terakhir tinggal kalian klik Generate Code pada bagian bawah tampilan websitenya dan kemudian kode QR kalian akan jadi lalu silahkan kalian save atau simpan saja kode QR yang telah jadi dibuat untuk nantinya bisa di scan oleh orang lain.

Bagaimana ? sudah jadi kode QR kalian ? Itulah tadi tips ataupun tutorial tentang bagaimana caranya membuat kode QR sendiri dengan sangat mudah dan cepat untuk pemula. Sebenarnya ada cara yang lainnya untuk membuat kode QR ini dan caranya juga tergantung dengan kebutuhan. Untuk kalian yang kebutuhan penting ataupun komersial pastinya akan sangat berbeda dan akan semakin sulit cara membuatnya, dikarenakan kita masih belajar, maka tidak ada salahnya saya memberikan tutorial ini untuk pemula. Selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat mielnialsID yang membacanya, dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di milenialsID.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close