TIPS & TRICKS TEKNO
Trending

Fakta-Fakta Menarik Tentang Android Setelah Di Beli Google

            Setiap perusahaan sukses pastinya mempunyai cerita kelam sebelum dikenal orang, itu berlaku juga dengan Android, sebelum sukses di masa sekarang dan orang-orang banyak mengenal nama android, sebelum kita membahas apa saja fakta-fakta menarik tentang Android, ada baiknya kita membahas sedikit tentang sejarah android ini. Dahulu android ini bukan milik google, melainkan milik 4 anak muda biasa yang bermimpi untuk menciptakan sebuah sistem di kamera digital, lalu mereka berempat ini mendirikan sebuah perusahaan kecil bernama Android.inc di Palo Alto, California pada bulan oktober 2003, di masa itu ide mereka berempat dinilai gila dan tidak cocok pada zaman itu, 4 anak muda ini bernama Andy Rubin, Rich Milner, Nick Sears, dan Chris White. Penelitian mereka berlanjut lalu pada tahun 2004, Andy Rubin mencoba menawarkan sistem yang mereka teliti ke berbagai perusahaan kamera digital, salah satu keunggulan yang mereka tawarkan adalah kamera digital dapat terkoneksi sebagai PC wireless serta hasil foto dari kamera digital ini otomatis tersimpan secara online atau biasa yang disebut dengan berbasis Cloud.

            Jika kita melihat ide mereka, mungkin akan sangat keren diterapkan ke kamera digital bukan? tetapi sayangnya pada masa itu orang-orang menilai ide mereka itu buruk dan tidak bisa dipakai di masa itu, apalagi bagi perusahaan kamera digital pada saat itu, mereka fokus dengan perkembangan lensa kamera, bukan dengan sistem kamera digital, jadi dianggap ide mereka belum penting untuk dibuat di kamera digital. Setahun berlalu tepatnya di 2005 dimana Andy Rubin dan kawan-kawan kehabisan modal untuk meneliti dan menawarkan sistem operasi mereka, yang unik dari penelitian mereka ini, mereka memanfaatkan sistem operasi Linux yang seperti kita ketahui bahwa linux adalah competitor Microsoft, di tahun 2005 google mencium bahwa sistem operasi linux akan merajai dunia OS, maka dari itu mereka membeli Android berikut para pendiri dan beberapa pekerja di Android.Inc. di tahun 2005 juga Nokia sebagai penguasa di industri ponsel masih mempelajari tentang teknologi Microsoft. Itulah tadi sejarah singkat android, lalu inilah fakta-fakta yang terjadi setelah android dibeli oleh google versi milenialsID.

  • Bekerja Dengan Berbagai Perusahaan dan Mengeluarkan Sistem Android

Sejak tahun 2005, google berusaha keras untuk mengeluarkan inovasi apa saja dengan sistem teknologi dari android tetapi belum berhasil, dan akhirnya pada tahun 2007 dimana sejarah ponsel pintar dimulai, yaitu dengan kemunculan iPhone generasi pertama dan memang ini merupakan revolusi dari perusahaan apple, apple merubah cara pandang manusia terhadap ponsel, dan setelah iPhone laris dipasaran lalu google juga merasa tertantang bahwa yang mereka miliki dari android mungkin jauh lebih berdampak untuk ponsel, maka google mendirikan Open Handset Alliance yang anggotanya terdiri dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan perusahaan telekomunikasi, tujuannya Cuma satu yaitu untuk memajukan standarisasi terbuka perangkat selular, anggota-anggotanya terdiri dari HTC, Sony, Samsung, T-Mobile, Qualcomm, Sprint Nextel, dan Texas Intrumens. Sepanjang tahun 2007 mereka bekerja sama dengan android menciptakan ponsel dengan platform perangkat seluler yang menggunakan kernel linux versi 2.6

  • Ponsel Pertama Berbasis Android (Linux)

Lalu setelah penelitian panjang akhirnya OHA mengeluarkan produk pertamanya yaitu HTC Dreams, ya, jangan kaget bukan Samsung yang memakai sistem android lebih dulu ya, walaupun memang sekarang Samsung merajai pasaran android, jadi HTC dreams memadukan Touch Screen dan Keyboard fisik yaitu QWERTY yang pada saat itu BlackBerry lah penguasa pasar Hp, memanglah akhirnya HTC Dreams ini tidak laku dipasaran. Karena pengguna Hp masih terbilang belum biasa memakai jack 3,5 mm yang biasa kita temui di handphone blackberry, android yang digunakan adalah 1.0 A dan mendukung google maps, pada saat itu google maps belum sepopuler. Maka wajar saja Hp ini tidak laku di pasaran.

  • Android Menggabungkan Ponsel Pintar dan Tablet Menggunakan Sistem Operasi Android

Pada tahun 2010, google merilis seri nexus yang sangat laku dipasaran, setelah android 1.0 yang tidak laku, kini beberapa tahun kemudian Sistem Android laku dipasaran dan mulai disukai pengguna smartphone, Nexus ini dirilis dengan menggandeng HTC, LG, dan Samsung, produk nexus pertama yaitu Nexus one, di tahun inilah youtube semakin dikenal orang-orang dan berkembangnya youtube mendongkrak juga penjualan Nexus. Android di tahun ini semakin sukses karena ponsel ini telah mendukung wifi, wifi portable dan lain-lain.

  • Menjadi SIstem Operasi Paling Populer di dunia

Di tahun 2010 inilah, puncak kejayaan android, mengapa tidak, mereka menguasai pasaran hampir 45% penjualan ponsel, dan sebesar 25 % dikuasai oleh apple, memang ini mengejutkan apple, bukannya apple tidak membuat langkah untuk menghentikan android tetapi memanglah karena menggandeng banyak merk inilah android mampu menguasai pasaran.

  •  Menggulingkan Perusahaan Besar Seperti Balckberry

Pada Mei 2019, Blackberry resmi mengumumkan berhenti beroperasi, karena sejak kemunculan Android, pasaran BBM makin sepi walaupun Balckberry kini telah bisa di download di playstore google tetapi kalah dengan messanger lainnya  yang lebih berkembang, hal ini lah yang menjadi dalang kebangkrutan Blackberry.

Itulah tadi fakta-fakta tentang android setelah diambil alih oleh google. Terima kasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat dan teruslah baca artikel lainnya  di milenialsID.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close