TIPS & TRICKS TEKNO
Trending

WhatsApp Diretas Spyware Ini, Begini Cara Menghindarinya

            Beberapa hari ini dunia dihebohkan dengan pembobolan whatsapp oleh peretas asal israel, peretas Israel ini menyusupi spyware atau mata-mata di ribuan ponsel yang menggunakan whatsapp, sebelum kita lebih jauh membahas pembobolan whatsapp, mari kita bahasa dahulu sedikit tentang spyware untuk anda yang belum tahu spyware. Spyware adalah sejenis malware (yang sebelumnya kita juga pernah bahas di artikel sebelumnya) yang salah satu fungsinya merusak program sekaligus menyusupi atau memata-matai target mereka.

            Nah, di kasus WhatsApp spyware buatan Israel ini dinamakan Pegasus, Pegasus ini dikembangkan oleh NSO group beberapa waktu yang lalu untuk menyerang sejumlah pihak-pihak dan meretas beberapa target salah satunya jurnalis dan aktivis di beberapa Negara, menurut Indianexpress.com, maware buatan Israel ini digunakan untuk mengintip jurnalis dan aktivis di seluruh dunia termasuk juga di india, lalu pertanyaan kita adalah bagaimana di indonesia?. Whatsapp telah menggugat NSO group di pengadilan federal fransisco pada hari selasa kemarin, Pegasus telah menginfeksi sekitar 1400 ponsel yang terbagi di 4 benua.

            Pegasus telah menyusupi ponsel tersebut dari rentan waktu 29 april sampai 10 mei, waktu yang cukup lama untuk menyebarluaskan Pegasus ke seluruh dunia, dan bukan tidak mungkin handphone anda juga telah disusupi spyware ini, menurut facebook Inc target Pegasus selain jurnalis ada juga pengacara, pembangkang politik, diplomat, pejabat senior di pemerintahan.

            Cara kerja Pegasus ini memantau seluruh kegiatan ponsel, contohnya sms, email, data lokasi, riwayat browsing, panggilan telepon, dan aktivitas lainnya. menurut times of india “bukan Cuma whatsapp yang terinfeksi melainkan juga Skype, Telegram, Wechat, Facebook Messanger dan Alat komunikasi lainnya dan ini bukan tejadi di android saja bahkan di sistem operasi iOS. Bagaimana cara menghindari malware Pegasus ini? Berikut tips dari milenialsID untuk anda.

  • Menggunakan VPN

VPN (Virtual Private Network) merupakan program yang dirancang untuk pengguna smartphone supaya bisa terhubung ke internet dengan jaringan internet yang disertai enkripsi kemananan tambahan sehingga sang pengguna smartphone aman dari target spyware apapun, jika pengguna khawatir akan spyware maka kami sarankan untuk menggunakan VPN, jenis-jenis VPN ada yang gratis ada juga yang berbayar tergantung tingkat keamanannya.

  • Memasang aplikasi kemananan

Bagi pengguna iPhone mungkin banyak tidak tersedia jenis-jenis VPN, maka dari itu solusi untuk bebas dari target Pegasus adalah dengan mengupdate pembaruan keamanan iPhone yang baru yaitu iOS 9.3.5. memanglah pembaruan ini tidak sepenuhnya aman karena pastinya Pegasus juga telah menyiapkan penangkal untuk pembaruan ini tetapi jika anda pengguna iOS tidak menerima pesan peringatan yang mencurigakan maka kemungkinan smartphone anda aman dari Pegasus.

  • Otentifikasi dua faktor

Anda pernah melihat bukan pengaturan whatsapp tentang otentifikasi dua faktor, jika kalian pengguna whatsapp, kalian harus mengaktifkan fiur ini, disamping password dan keamanan jaringan, ada baiknya kalian mengaktifkan fitur ini. Bukan Cuma di whatsapp yang memiliki fitur ini, hampir di semua media sosial sekarang memakai fitur ini contohnya email, dompet elektronik, hingga permainan. Fitur ini meminta anda memasukkan kata sandi dan diikuti oleh OTP atau authenticator dan dikirim melalui sms yang berguna untuk mengkonfirmasi akun anda, ini merupakan keamanan ekstra untuk anda.

  • Perbarui aplikasi keamanan yang ada ataupun whatsapp

Tahukah anda whatsapp telah memakai pemindaian sidik jari untuk keamanannya? Ya cobalah anda untuk mengupdate whatsapp anda ataupun fitur keamanan di smartphone anda, ini akan memperbaiki sistem keamanan anda, lalu jika pembaruan OS di smartphone anda, segera saja lakukan pembaruan agar terhindar ddari malware.

  • Hati-hati mengklik tautan mencurigakan dan meninjau lagi tautan pihak ketiga

Budaya di Negara kita yaitu indonesia adalah malas membaca, terkadang ada tautan yang disusupi malware tetapi anda mengizinkan aplikasi ataupun sebagainya untuk dimasukkan ke dalam handphone anda, dan akibatnya handphone anda akan sangat cepat beterainya terkuras serta terkadang muncul iklan pop up tampa anda sadari kapan anda mengizinkan iklan tersebut. Lalu yang menjadi problem juga terkadang notifikasi akses langsung di browser anda, atau biasa yang kita sebut penyimpanan otomatis untuk password, hindarilah penyimpanan otomatis ini karena ini sangat beresiko akun anda di hack seseorang jika anda terinfeksi malware ini.

Itulah tadi cara menghindari malware Pegasus, jika anda merasa handphone anda sedikit lelet ataupun baterai anda terkuras denan cepat, segera lakukan pengecekan keamanan. Terima kasih terlah membaca artikel ini semoga bermanfaat dan terusah baca artikel lainnya hanya di milenialsID.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Close