Hot NewsTIPS & TRICKS TEKNO
Trending

Mengenal Resolusi Video Dan Dampaknya Bagi Kualitas Gambar

            Pernah mendengan kata resolusi video? Jikalau anda anak Milenials pasti pernah mendengan kata ini, resolusi video sering anda dengar dan baca ketika anda menonton youtube, lalu apa kegunaan resolusi bagi video? Apa manfaatnya? Dan apa perbedaannya?

            Baiklah, di zaman sekarang yang serba canggih tentunya semakin banyak inovasi, dahulu kita melihat dan memakai handphone yang layarnya masih belum berwarna, lalu berubah zaman sudah ada yang berwarna dan semakin terkini baik itu handphone, laptop maupun tv sudah mempunyai kualitas gambar yang sangat bagus? Lalu apa yang mereka kembangkan? Kenapa bisa bagus bening gambarnya? Itu yang dinamakan resolusi, contohnya saja anda pasti pernah mendengar yang namanya VGA, WSVGA, HD, Full HD, QHD bukan? jika belum pernah, milenials ID akan menjelaskan sedikit tentang apa itu resolusi, apa itu HD, Full HD, dan QHD dan mengapa Gambar di TV atau di Smartphone menjadi sangat jernih.

            Jadi resolusi ini terbagi dari pixel/titik yang kemudian membentuk sebuah gambar yang ada di layar anda, termasuk yang sekarang anda baca ini terdiri dari banyak pixel, semakin tinggi resolusi yang anda miliki atau anda tonton, semakin itu juga gambar atau video yang ditampilkan di layar anda juga akan semakin tajam dan jernih, Karena semakin banyak titik-titik pixel yang terdapat di gambar tersebut. Pixel atau titik-titik sendiri sebetulnya tidak memiliki ukuran yang jelas, mereka hanya komponen yang yang bermunculan satu persatu di layar anda, jadi ketika kita mengatakan berapa resolusi di gambar tersebut? Atau video yang anda tonton berapa resolusinya, jika tulisan disana adalah 4K maka artinya jumlah pixel maksimum di gambar atau video tersebut adalah 4 ribu pixel jadi ada beberapa jenis resolusi :

  1. Pixel 1280 x 720

Apa itu 1280 x 720, ini adalah resolusi dimana layar yang sedang anda lihat membentuk garis horizontal gambar dengan 1280 buah pixel dan vertical sekitar 720 pixel ini biasa disebut dengan HD atau 720P disini P artinya adalah progresif scan yang artinya ketika di tayangkan pixel berubah-ubah bentuk dan ukuran sebanyak 60 frame per detik. Biasanya 1280 x 720 atau 720P  memakai radio aspek 16 : 9 sehingga menghasilkan resolusi 720p.

  • 1920 x 1080

Ukuran ini disebut 1080p atau full HD, jika anda sering mendownload film, ukuran ini sangat menentukan kualitas gambar anda dan yang pastinya bedanya adalah ukuran file film anda.

  • 3840 x 2160

Di indonesia ukuran 3840 x 2160 atau biasa yang disebut dengan 4k atau Ultra HD baru masuk sekitar 2 tahun yang lalu, dan ketika anda memutar youtube apalagi chanel youtube luar biasanya anda dapat menemukan resolusi ini.

  • 7680 x 4320

Ukuran ini biasa disebut dengan 8K atau FUHD ukuran ini biasa anda temukan di tv-tv kabel apalagi jika tv anda layarnya sangat besar, tentu akan sangat jelas melihat 8K ini.

Dari ukuran di atas pasti ada yang bertanya bagaimana jika tv saya berbeda ukuran tetapi resolusinya tetap 4k? contohnya 50 inch dan 70 inch lalu apa bedanya? Penjelasannya adalah bahwa pixel yang tvnya berukuran 70 inch lebih besar ukurannya dibandingkan dengan tv yang ukurannya 50 inch.

Jadi itulah tadi penjelasan singkat resolusi video dan dampaknya bagi kualitas gambar atau video yang anda tonton, terima kasih telah membaca artikel ini, baca terus artikel lainnya hanya di Milenials ID.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close