Pariwisata

5 Tempat Bersejarah Yang Harus Kalian Kunjungi

Hallo sobat milenials, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang 5 bangunan sejarah yang harus banget kalian kunjungi untuk menambah wawasan kalian mengenai sejarah – sejarah indonesia. Sebenarnya indonesia memiliki banyak sekali tempat bersejarah, hampir di setiap daerah di indonesia memiliki tempat bersejarahnya sendiri – sendiri, berikut tempat bersejarah yang kami rekomendasikan untuk di kunjungi :

1. Istana Maimun

Di daftar yang pertama ini ada istana maimun yang terletak di medan, sumatera utara. Istana maimun ini juga sering di sebut masyarakat sekitar dengan sebutan istana putri hijau, yang menjadi istana di kerajaan deli. Istana maimun ini memiliki warna yang hampir di dominasi dengan warna kuning dan menjadi salah satu ikon dari kota medan. Istana yang satu ini di bangun oleh sultan mahmud al rasyid yang di mulai pada tahun 26 agustus 1888 sampai dengan 18 mei 1891 dengan luas sebesar 2.772 m2  dan memiliki 30 ruangan yang terbagi atas dua lantai. Rancangan istana mimun ini di design oleh arsitek dari italia yang di bangun menghadap masjid raya medan.

2. Gedung Sate

Di daftar yang kedua ini ada gedung sate yang terletak di kota bandung, jawa barat. Gedung yang di bangun di pusat kota bandung ini  di sebut gedung sate karena terdapat sebuah ornamen yang bentuknya mirip dengan tusuk sate di puncak dari gedung ini. Dan fungsi dari ornamen ini adalah untuk memberitahukan jumlah biaya yang di bangun untuk membangun gedung sate ini yaitu 6 ornamen berarti 6 gulden biayanya yang di gunakan untuk membangun gedung ini. Gedung sate ini sudah sangat terkenal di bandung bahkan di indonesia, gedung sate ini di bangun tahun 1920 yang hingga kini masih berdiri kokoh dan masih berfungsi sebagai pusat pemerintahan kota bandung.

3. Benteng Vredeburg

Di daftar yang ketiga ini ada benteng vredeberg yang berada di sekitar titik nol yogyakarta. Benteng vredeberg ini kini sudah menjadi museum yang bisa di kunjungi oleh masyarakat, di dalam bangunan museum ini masyarakat akan di suguhkan dengan diorama sejarah indonesia yang cukup lengkap. Benteng yang satu ini di bangun oleh pihak kolonial yang di gunakan sebagai pusat pemerintahan dan pusat pertahanan pada saat itu. Kini kalian bisa melihat sejarah mulai dar masa kolonial belanda hingga masa penjajahan jepang di dalam museum ini.

4. Taman Sari

Daftar yang ke empat ini ad taman sari yang masih terletak di yogyakarta. Taman sari ini di bangun susuhanan paku buwono II sebagai sebuah tempat istirahat kereta kuda yang akan melaju ke imogiri pmbangunan taman sari ini di pimpin oleh tumenggu mangundipuro dan biaya pembangunannya di tanggung oleh tumenggu prawirosentiko beserta seluruh rakyat dari tumenggu prawirosentiko. Pada saat pembangunan taman sari ini sempat terjadi pergantian pimpinan proyek, dimana tumenggu prawirosentiko yang mengundurkan diri dan di gantikan dengan pangeran notokusumo.

5. Lawang Sewu

Di daftar yang kelima ini ada lawang sewu yang sudah sempat kita bahas di artikel sebelumnya. Gedung yang di bangun hampir selama 4 tahun ini dulunya di jadikan sebagai pusat perkantoran dari NIS, yang sebelumnya berada di stasiun semarang gudang. Lawang sewu ini di bangun karena ada sebuauh usuluan untuk membangun gedung karena NIS membutuhkan kantor yang lebih besar. NIS sendi merupakan kependekan dari nederlands-indische spoorweg maatschappij.

Berikut 5 tempat bersejarah yang harus kalian kunjungi, karena tempat – tempat tersebut memiliki sejarah yang sangat sangat patut untuk di ketahui. Semoga bermanfaat, terima kasih.

(writer : bakpao)

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close