Pariwisata
Trending

5 Sungai Terpanjang di Indonesia

Hallo sobat milenials, pada artikel kali ini kita kan membahas tentang sungai yang ada di indonesia, lebih tepatnya kita akan membahas 5 sungai terpanjang yang ada di indonesia. Indonesia sendiri memiliki banyak sekali sungai besar yang sangat membantu masyarakat indonesia, dan memberikan banyak masyarakat indonesia. Berikut kami telah merangkum 5 sungai terpanjang yang ada di indonesia:

1. Sungai Kapuas

Sungai terpanjang yang ada di indonesia merupakan sungai kapuas yang berada di pulau kalimantan lebih tepatnya berada di provinsi kalimantan barat. Sungai kapuas menjadi sungai terpanjang yang ada di indonesia dengan total panjang sungai ini mencapai 1.143 km yang berasal dari pegunungan muller. Sungai kapuas ini sering di sebut dengan sungai sungai kapuas buhang atau sungai batang lawai yang sekarang di sebut sungai kapuas hulu. Nama kapuas lawai merupakan nama yang di pakai di saat masa kesultanan banjar, sungai kapuas kini menjadi salah satu sungai yang menjadi rumah lebih dari 700 ratus jenis ikan dengan beberapa di antaranya merupakan jenis ikan langka dan jenis ikan yang terancam punah.

2. Sungai Mahakam

Sungai terpanjang yang kedua di indonesia adalah sungai mahakam yang masih berada di pulau kalimantan tepatnya di provinsi kalimantan timur. Sungai mahakam ini merupakan sungai terpanjang kedua di pulau kalimantan dan merupakan sungai terpanjang yang kedua di indonesia. Selain menyandang sebagai sungai terpanjang sungai mahakam ini juga menyandang gelar sungai terbesar yang ada di pulau kalimantan. Panjang sungai mahakam ini mencapai 920 km yang bermuara di selat makassar. Sungai yang satu ini sangat membantu kehidupan masyarakat dan memegang peranan penting sebagai sumber air, sumber daya perikanan, sarana transportasi dan masih banyak lainnya.

3. Barito

Sungai terpanjang yang berikutnya adalah sungai yang masih terletak di pulau kalimantan yang masuk kedalam dua provinsi yang ad di kalimantan yaitu provinsi kalimantan tenah dan provinsi kalimantan selatan. Panjang sungai barito ini hanya berbeda sedikit saja dengan sungai mahakam, panjangnya mencapai 909 km yang berhulu di pegunungan scwhaner di provinsi kalimantan tengah. Dan bermuara di laut jawa. Sungai barito ini memiliki panjang rata – rata mencapai 800 meter dengan kedalaman rata – rata 8 meter, namun pada bagian muara lebar sungai ini mencapai hampir 1000 meter.

4. Sungai Batang hari

Sungai terpanjang ke empat ini bernama sungai batang hari yang memiliki panjang hingga 800 meter yang berhilir dimuara sabak yang berada di bagian timur pulau sumatera. Sungai batang hari ini merupakan sungai terpanjang yang ada di pulau sumatera yang mata air nya berasal dari gunung rasan dan yang menjadi hulu sungai batang hari ini mencakup danau di atas solo, sumatera barat dan terus mengalir ke selatan sampai ke daerah sungai pagu.

5. Sungai Musi

Sungai terpanjang kelima ini adalah sungai musi yang terletak di pulau sumatera provinsi sumatera selatan. Sungai musi ini merupakan sungai terpanjang ke dua yang ada di pulau sumatera. Sungai musi ini memiliki panjang hingga 750 km yang membagi provinsi sumatera selatan menjadi dua bagian. Bagian seberang ilir yang berada di sebelah utara dan seberang ulu yang berada di bagian selatan. Sungai musi ini merupakan sungai yang dari zaman kerajaan sriwijaya di jadikan sarana tansportasi ini hingga kini masih menjadi sarana transportasi yang sangat membantu kehidupan masyarakat.

Berikut tadi ada 5 sungai terpanjang yang ada di indonesia, mungkin salah satu dari sungai yang ada di atas merupakan sungai yang ada di daerah kalian, mari rawat sungai kita untuk melestarikannya. Semoga bermanfaat, terima kasih.

(writer : bakpao)

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close