PariwisataWisata Milenial
Trending

5 Tempat Bersejarah Yang Ada Di Sumatera Barat

Hallo sobat milenials, pada artikel kali ini kita akan membahas tempat – tempat bersearah yang ada di provinsi sumatera barat. Provinsi yang satu ini merupakan provinsi yang memiliki banyak tempat wisata di antaranya sudah kita bahas di artikel kita yang sebelumnya. Kali ini kita tidak akan membicarakan tentang tempat wisata yang di miliki oleh provinsi sumatera barat ini melainkan kita akan membahas tentang tempat – tempat bersejarah diyang dimiliki oleh provinsi yang satu ini, berikut daftar yang sudah kami siapkan:

  1. Masjid Muhammadan

image from @https://www.instagram.com/p/Bu56OyhBAdv/?igshid=1vxmjjbubs8i1

Di daftar yang pertama ini ada sebuah tempat bersejarah bagi umat islam yang banyak menyimpan sejarah, tempat ini bernama masjid muhammadan. Masjid muhammadan ini berdiri tahun 1843 dan menjadi pusat berkembangnya islam pada saat masa kolonial belanda. Selain itu masjid ini memiliki keunikan yaitu ada nya pengaruh budaya india di dalam design arsitekturnya. Memang sebenarnya masjid ini di bangun dari komunitas masyarakat india yang hingga kin masih ada etnis india yang tinggal di kota padang.

  1. Museum Bank Indonesia

image from @https://www.instagram.com/p/B1WTdidIyTF/?igshid=pfezx5is4hnh

Di daftar yang kedua ini merupakan sebuah bank yang dulu sempat beroperasi di zaman kolonial belanda. Museum bank indonesia ini sebenarnya bernama de javasche bank yang pada saat itu di gunakan sebagai arus keluar masuknya uang yang cukup besar pada masa kolonial belanda. Museum yang dulu pernah di rebut oleh penjajah jepang ini pernah menjadi pendukung kegiatan ekonomi kolonial belanda pada saat itu.

  1. Museum Adityawarman

 

image from @https://www.instagram.com/p/BQK0WQQlHk8/?igshid=q00geb7skw7d

Di daftar yang ketiga ini ada sebuah bangunan yang berada di pusat kota padang, sumatera barat yang bernama museum adityawarman. Museum ini sendiri merupakan museum kebanggaan dari provinsi sumatera barat karena dari museum ini kalian bisa melihat adat istiadat dari ranah minang. Museum adityawarman ini menyimpan banyak peniggalan penting yang hingga kini masih tersimpan dengan rapi di musuem adityawarman. Dan selain itu dari museum adityawarman ini kalian bisa melihat tentang perjalanan budaya yang ada di ranah minang

  1. Lobang Jepang

image from @https://www.instagram.com/p/Bz7EBwnBllD/?igshid=1qc6kgd78c26u

Di daftar yang ke empat ini ada lobang jepang yang merupakan bunker yang dulunya sengaja di buat oleh kolonial jepang saat mereka mulai memasuki kota bukit tinggi. Lobang jepang ini di bangun dengan tujuan sebagai tempat bertahan dan dan pusat kemiliteran jepang. Lobang jepang ini juga dibangun tepat di pusat kota bukit tinggi dan letaknya tidak terlalu jauh dari lokasi jam gadang. Kini lobang jepang ini menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat di cari oleh wisatawan karena bangunan ini sejarah yang sangat menarik untuk di telusuri.

  1. Istana Baso Pangaruyung

image from https://www.instagram.com/p/B0h4zszgMcy/?igshid=k3ixb229d2ib

Di daftar yang kelima ini ada sebuah peninggalan sejarah yang hingga kini masih terus di jaga oleh masyarakat dan pemerintah sumatera barat, tempat ini bernama istana baso pangaruyung. Namun istanan yang ada kini hanya sebuah replica asli dari istana kerajaan pangaruyung yang di buat semirip mungkin dengan aslinya. Istana yang satu ini memiliki banyak hal unik salah satunya adalah keunikan design dan arsitekture yang di miliki nya. Menurut sejarah, istana ini mulai runtuh ketika terjadinya perang padri.

Berikut tadi 5 tempat bersejarah yang ada di provinsi sumatera barat, sebenarnya masih ada banyak lagi tempat – tempat bersejarah lainnya yang belum masuk ke dalam 5 daftar di atas. Namun untuk sekarang cukup 5 tempat terlebih dahulu, kita akan bahas tempat lainnya di artikel selanjutnya. i hope it will use full for you, thanks and see you next article

(writer : bakpao)

Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close