BERITA MILENIALHot News
Trending

Mengenal Penyebab Kebotakan Pada Wanita

Seringkali masalah kebotakan membuat anda jengkel, apalagi bagi seseorang yang mengalaminya,i memanglah kebanyakan pria yang mengalami masalah kebotakan ini, lalu apakah wanita juga mengalaminya? Jawbannya adalah iya, tidak selalu pria yang mengalami kebotakan dan nyatanya wanita juga mengalami kebotakan hanya saja mereka menyembunyikannya dengan cara menutupinya dengan jilbab atau memakai rambut palsu. Kenapa sampai demikian? Karena kebotakan bagi wanita adalah hal yang memalukan, apalagi kita mengetahui bahwa rambut bagi perempuan adalah mahkotanya. Lalu bagaimana jika mahkota itu botak? Tentu akan sangat jengkel, berbicara tentang kebotakan pada wanita kali ini Milenials ID akan menjelaskan kepada anda bagaimana bisa wanita mengalami kebotakan dan penyebabnya agar bisa dihindari sejak dini.

            Disetiap kantung rambut mampu memproduksi sekitar 20 helai rambut setiap harinya dan pertumbuhan rambut dipengaruhi hormon yang bernama endrogen dimana testostherone dan dihydrotestoterone termasuk di endrogen. Normalnya seseorang akan mengalami kehilangan rambut sekitar 100 helai setiap harinya, yup banyak bukan? Tetapi ini normal karena rambut anda akan dapat tumbuh kembali dalam waktu ebberapa hari kedepan. Dan kenapa bisa botak? Pastinya masalahnya anda kehilangan rambut tetapi tidak tumbuh lagi, untuk wanita biasanya usia diatas 40 tahun itu sudah mengalami kasus kebotakan ataupun sudah memasuki masa menopause dan berikut penyebabnya.

  1. Perubahan Hormon

Kelebihan hormon Dihydrotestoterone dapat menyebabkan kebotakan karena rambut anda akan semakin tipis dan jadinya mudah rontok. Siklusnya adalah jika hormon ini meningkat folikel rambut menjadi sangat sensitive, sehingga jika folikel sudah sensitive maka pastinya rambut mudah patah dan sulit untuk tumbuh.

Biasanya pada pria ketika mengalami perubahan hormon muncullah garis rambut di bagian depan yang berbentuk huruf M, biasanya garis M ini tumbuh di bagian pelipis depan kepala anda, salanjutnya jika sudah pelipis membentuk huruf M seiring berjalannya waktu rambut di bagian tengah atau puncak kepala anda akan mulai rontok, lalu pastinya tinggal menunggu waktu saja rambut anda botak, lalu bagaimana kasusnya jika rontok pada wanita?

Jika pada pria ketika mereka mengalami perubahan hormonakan terkumpul di suatu daerah berbeda dengan wanita jika mereka mengalami perubahan hormon, kerontokannya akan tersebar menjadi rata, dan tidak akan terlihat daerah rambut anda mengalami kerontokan dan tersebar rata.

  1. Kekurangan Zat Gizi

Kekurangan zat gizi pun dapat mempengaruhi keboakan, contohnya biasanya pada anak-anak yang kekurangan zat gizi protein, mereka memiliki warna rambut pirang atau disebut dengan warna rambut jagung akan lebih besar terkena  kerontokan dan jikalau rambut mereka rontok, solusinya adalah menambahkan gizi yang cukup yang berupa protein dan pastinya rambut mereka lama kelamaan akan kembali normal. Lalu bagaimana dengan orang dewasa? Apakah bisa anda kekurangan protein? Penyebab kekurangan protein pada orang dewasa biasanya mereka yang menjalani program diet terlalu ketat, bahkan ada kasus yang tidak makan sampai beberapa hari karena untuk mengurangi berat badan mereka. Dan dengan kata lain bisa dikatakan diet semacam itu adalah diet keliru atau salah. Pengertian diet tersebut adalah makan secukupnya dengan memperhatikan zat gizinya jika tidak diperhatikan, siap-siaplah akan mengalami yang namanya kebotakan.

  1. Pengobatan Kemotrapi

Biasanya kemotrapi adalah solusi bagi pencerita penyakit cancer dan menjalani kemotrapi rutin akan menyebabkan kebotakan karena rambut akan terpapar radioaktif setiap kali kemo. Dan pastinya mengalami kebotakan pada seluruh rambutnya, dan ini biasanya disebut dengan Anagen Effluvium atau kebotakan secara menyeluruh. Dan rambut yang mulai tumbuh jika masih melakukan kemo akan rontok juga, dan ini memanglah efek dari redioterapi dan kemoterapi.

  1. Zat-zat Kimia

Jadi untuk anda yang suka mengecat rambut sembarangan tampa berkonsultasi dahulu dengan pakar-pakar rambut atau orang yang mengerti cat rambut, dan biasanya anda menggunakan sembarangan cat rambut tampa melihat bahan kimia apa saja yang terkandung di cat tersebut sehingga jika bahan yang digunakan berbahaya maka pastinya rambut anda akan rusak dan patah, jika terus berlanjut biasanya kulit kepala anda akan terasa panas dan lama kelamaan akan mengalami kebotakan.

Lalu juga bagi anda yang sering meluruskan rambut dengan cara memakai pencatok rambut, atau rambut anda lurus lalu dikeriting. Itu juga akan merusak rambut anda.

  1. Stress

Stress memanglah bisa membuat anda botak dan kejadian ini disebut dengan alopecia areata, jadi kebotakan akibat stress ini prosesnya adalah ketika anda stress berlebih akhirnya menimbulkan zat yang dinamakan autoimun yang akibatnya otak merangsang zat ini untuk perlindungan di tubuh anda tetapi, jika stress anda berebih perlindung ini akan menyerang tubuh anda sendiri dan hasilnya tubuh kita menghasilkan sel limfosit T yang akan menyerang balik Folikel rambut atau akar rambut dan bisa juga bagian tubuh anda yang lainnya. Ini merupakan suatu jenis penyakit dan penganganan yang baik adalah harus mengurangi tingkat stress anda.

Itulah tadi penyebab kebotakan pada wanita semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna untuk anda, dan terima kasih telah mebaca artikl ini. Bacalah juga artikel lainnya di Milenials.ID karena masih banyak pengetahuan yang belum tentu anda ketahui (Amry Lesmana) 

Tags
Show More

admin

PEMILIK GROUP MILENIALS ID 1. TECHNO INDO 2. PERSIBDAY OFFICIAL YOUTUBE 3. WJG INDONESIA YOUTUBE 4. MILENIALS ID YOUTUBE 5. TECHNO INDO YOUTUBE

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Close