BERITA MILENIALHot News
Trending

Lakukan 5 Hal Ini Untuk Anda Yang Sering Mengalami Insomnia

Kita semua pasti pernah mengalami tidur susah dimalam hari, penyebabnya beragam ada yang tidur susah, ada yang terbangun di malam hari, ada juga bangun lebih awal padahal belum saatnya untuk bangun tidur, mungkin anda terbangun jam 12 malam ataupun jam 2 malam. Jika situasi ini anda mengalaminya dalam jangka panjang dapat dipastikan ini insomnia yang pastinya mengganggu aktivitas anda pasa siang hari, hal ini mengganggu proses berfikir anda sehingga anda pastinya tidak dapat berfikir secara jernih ini merupakan akibat dari imsomnia.
Di indonesia sendiri terdapat banyak sekali kasus susah tidur atau insomnia, tahukah kamu insomnia yang berlangsung lama dapat menyebabkan penyakit jantung, gangguan pencernaan GERD, penyakit kronis, cemas berlebihan dan kecanduan obat-obatan untuk tidur. Imsomnia banyak sekali jenisnya contohnya saja ada suatu kondisi dimana seseorang tidur nyenyak tetapi di malam hari tiba-tiba dia terbangun dan ketika mereka terbangun dari tidurnya pastinya nafas mereka terengah-engah hal ini biasa disebut para ahli yaitu sleep apnea, dan banyak sekali kasus sleep apnea di indonesia bukan? Mungkin termasuk anda juga pernah mengalami kasus ini. Jadi sleep apnea ini adalah dimana suatu kondisi tubuh anda disaat tidur mengalami henti nafas kurang lebih 60 detik sampai 90 detik dan ini tampa anda sadari pastinya juga sangat berbahaya khususnya bagi seseorang yang ada penyakit jantung, coba anda bayangkan jika di jantung anda tidak mendapat suplai oksigen bisa-bisa meninggal mendadak bukan? Jadi Milenials akan membagikan tips bagaimana cara mengatasi imsomnia yang berlebihan.

1. Memakan Real Food 
Makanan real food adalah makanan yang didalam proses pembuatannya tampa bahan pengawet, pewarna ataupun pemanis buatan contohnya makanan real food banyak sekali salah satunya buah-buahan sayuran segar, dan biji-bijian yang pastinya baik untuk kesehatan anda. Dan contoh makanan yang bukan real food yaitu makanan cepat saji, makanan beku, soda, sirup dan banyak lagi yang lainnya dan sebaiknya makanan tersebut hindarilah untuk menjaga agar anda tidak mengalami insomnia.

2. Jangan Makan 3 Jam Sebelum Tidur 
Kebanyakan orang pastinya pernah atau sering melakukan makan 3 jam sebelum tidur, jangan makan 3 jam sebelum tidur disini artinya anda sudah berhenti makan 3 jam sebelum waktu tidur anda contohnya jika anda ingin tidur pukul 10 malam sebaiknya dimulai dari jam 7 malam anda tidak memakan apapun lagi kecuali meminum air putih. Karena jika terlalu kenyang anda akan sulit berbaring, sesak di dada, dan pastinya susah untuk tidur

3. Melakukan Meditasi Atau Relaksasi 
Jika anda sulit tidur anda bisa menggunakan cara relaksasi untuk menenangkan pikiran karena pikiran manusia itu sangat kuat dan liar apalagi jika ada masalah dikantor anda dan ada tugas yang harus diselesaikan esok hari tentunya anda kepikiran terus bukan? Meditasi merupakan solusi yang tepat untuk menjernihkan pikiran anda sebelum tidur.

4. Tidak Bermain Alat Elektronik 1 Jam Sebelum Tidur 
Memanglah gadget merupakan penyebab sering kali anda susah tidur tetapi anda tidak sadari, dan seharusnya cobalah jika 1 jam sebelum tidur anda tidak bermain hp, atau menonton tv serta tidak lagi mengerjakan tugas di depan laptop anda. Karena sebenarnya cahaya dari alat elektronik itu menghambat pembentukan hormon melantonin yang bertugas untuk membuat anda tidur dengan rileks dan cahaya dari hp ataupun laptop merupakan cahaya yang lebih kuat dari pada lampu biasa untuk menghambat hormon melatonin anda sehingga anda menjadi tidak bisa tidur sebaiknya jikalau anda mau tidur cobalah ganti hp anda dengan buku, membaca buku dapat membuat pikiran anda rileks dan biasanya rasa kantuk cepat datang.

5. Mengkonsumsi Suplemen Yang Membuat Relaksasi Serta Olahraga 
Mengkonsumsi suplemen juga dapat membantu tubuh anda menjadi lebih rileks tetapi suplemen ini bukan obat penjaga tidur andajadi minumlah secukupnya dan suplemen ini berupa vitamin seperti kalsium, magnesium, B kompleks, dan Vitamin E karena dengan meminum itu tubuh anda dapat rileks di malam hari. Imbangin juga dengan olah ragasetiap 30 menit saja setiap hari atau jika anda sibuk lakukan olah raga minimal 3-5 kali perminggu olah raga ini contohnya jogin, lari ataupun streching yang bisa anda lakukan disekitar tempat tinggal anda.
Dengan olah raga tubuh anda menjadi lebih sehat, metabolisme anda terjagan dengan baik, tingkat stress anda pastinya menurun dan yang paling utama anda bisa tidur nyenyak di malam hari, sebaiknya hindari obat-obatan untuk tidur, obat-obatan utuk diet, obat-obatan darah tinggi yang tidak dikonsultasikan ke dokter karena itu pastinya ada efek sampingnya dan salah satu efek sampingnya adalah mempengaruhi pola tidur anda. Disamping obat-obatan sebaiknya anda perlu menghindari minuman berkafein seperti coklat, teh, kopi dan soda.
Itulah tadi tips dari Milenials ID untuk cara mengatasi insomnia, bagaimana menurut anda mudah bukan? Terima kasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat dan sebaiknya terus membaca artikel lainnya di Milenials ID. (Amry Lesmana) 

Tags
Show More

admin

PEMILIK GROUP MILENIALS ID 1. TECHNO INDO 2. PERSIBDAY OFFICIAL YOUTUBE 3. WJG INDONESIA YOUTUBE 4. MILENIALS ID YOUTUBE 5. TECHNO INDO YOUTUBE

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close