BERITA MILENIALHot NewsTIPS & TRICKS TEKNO
Trending

Manfaat Tumbuhan Porang, Umbi Mahal Incaran Pengusaha Jepang dan China

Tahukah anda tumbuhan ini? Tumbuhan ini disebut porang atau suweg atau iles-iles, yang pasti anda yang hidup di dunia gadget pasti sangat asing mendengar kata ini, tanaman ini termasuk umbi-umbian yang masih dalam anggota marga Amorphophallus dan masih berkerabat dengan bunga bangkai raksasa.

Tahukah kamu dahulu umbi suweg ini sebagai pengganti nasi, yup dahulu orang jawa sering mengkonsumsi umbi ini. Meski bentuknya tak beraturan dan membuat gatal bagi yang menyentuhnya tetap saja dikonsumsi pada zaman dahulu karena porang ini biasa tumbuh pada saat musim kemarau, buahnya berada di dalam tanah seperti kentang dan memanglah porang atau suweg ini panen Cuma setahun sekali tetapi pada masa nenek moyang kita dahulu mencari beras sangatlah susah, makanya cara mengatasinya dengan memakan umbi porang dan seiring perkembangan zaman porang diteliti oleh orang luar terutama china dan jepang dan hasilnya mereka tertarik untuk membudidayakan porang ini, tahukah anda porang adalah tumbuhan khas yang hanya tumbuh di sekitar asia tenggara. 

Tanaman ini dijepang dan china dijadikan sebagai bahan pengikat pembuatan tablet obat dan zat pengental dalam pembuatan sirup dan sari buah. Porang juga menjadi bahan makanan sehat setelah diolah menjadi jeli seperti konyaku. Tak heran beberapa tahun terakhir ini permintaan porang terus mengingkat, baik dalam maupun luar negeri sayangya saat ini pasokan iles-iles tidak bisa mengimbangi permintaannya yang menumpuk sebab porang hanya bisa dipanen 1 tahun sekali yaitu pada penghujung musim hujan.

Porang juga digunakan sebagai campuran agar-agar, jikalau belum diproses rasa porang ini tekturnya punel dan rasa yang agak manis makanya makanan ini sebagai pengganti nasi pada zaman dahulu, orang luar biasa menyebutnya elephant foot yam atau stinky lily dan buahnya biasanya sampai mencapai 5 Kg yang menghasilkan banyak sekali kabohidrat. Selain bahan makanan porang juga digunakan untuk bahan baku Lem dan kosmetik. Adapun total nilai gizi porang ini yang diteliti oleh peneliti teknologi dari Institute Pertanian Bogor Didah Nur Fari di majalah gatra ia meneliti porang memiliki kabohidrat antara 18% sampai 21% dengan kadar serat mencapai 15,09 % dan Kandungan proteinnya juga sangat besar yakni 11,67%. 

Pembudidayaan tanaman ini sangatlah mudah sehingga bisa di tanam di sela-sela pohon perkebunan sawit ataupun karet. Sekarang budidaya porang terbesar di indonesia masih di duduki kabupaten madiun tepatnya di kecamatan seradan, mereka membudidayakan porang sejak tahun 1970  dan menjadi komoditas utama perkebunan disana dan hasilnya memang sangat menjanjikan sebelum dibudidayakan seperti sekarang ini banyak warga-warga yang mencari porang dihutan-hutan karena memang porang tumbuhan liar. Porang sendiri sekarang harganya bisa mencapai Rp 35.000 per kilo tetapi yang sudah kering dan diiris, dan porang basah dihargai sekitar  Rp 4.000 per kilo. Untuk mengeringkan porang juga dibutuhkan waktu sekitar tiga hari hingga sepekan, tergantung kondisi cuaca dan setelah dikeringkan barulah porang menyusut dan berubah warnanya. Dari penjelasan tersebut makanya porang banyak dicari di pasar luar negeri dan di dalam negeri juga porang banyak khasiatnya berikut Milenials ID merangkumnya untuk anda. 

  1. Penyembuhan luka yang sangat cepat
  2. Mempu menambah dan memenuhi stamina sehari-hari karna kabohidratnya yang sangat tinggi
  3. Menjaga tubuh dari lemas akibat kekurangan zat besi yang berakibat pada anemia
  4. Bersifat anti-racun khususnya untuk sengatan hewan atau gigitan ular berbisa.
  5. Menjaga kekuatan tulang dan gigi, serta memelihara kepadatan sehingga tidak mudah keropos (osteoporosis).
  6. Menjaga ketahanan tubuh terhadap serangan radikal bebas dan penyakit
  7. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mencegah peradangan dan pembengkakkan
  8. Menghentikan pendarahan pada luka
  9. Mempercepat penuaan bisul dan penyakit kulit
  10. Terus bagaimana resep dan cara menggunakan porang

Terima kasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat dan terus baca artikel lainnya di Milenials ID (Amry Lesmana)

Tags
Show More

admin

PEMILIK GROUP MILENIALS ID 1. TECHNO INDO 2. PERSIBDAY OFFICIAL YOUTUBE 3. WJG INDONESIA YOUTUBE 4. MILENIALS ID YOUTUBE 5. TECHNO INDO YOUTUBE

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close