BERITA MILENIALHot NewsTIPS & TRICKS TEKNO
Trending

Mahasiswa Harus Tahu!!! Portal Internet Yang Memudahkan Mahasiswa Dalam Menulis Skripsi Maupun Jurnal

Bagi mahasiswa makalah ataupun skripsi sama pentingnya, keduanya saling berkaitan dengan nilai yang akan didapatkan bedanya adalah makalah biasanya dibuat untuk memecahkan suatu masalah secara ilmiah untuk melengkapi tugas-tugas mata kuliah tertentu sedangkan skripsi adalah tulisan ilmiah yang mengemukakan pendapat penulis berdasarkan kutipan oranglain ataupun penelitian orang lain yang bertujuan untuk melengkapi syarat guna memperoleh gelar sarjana. Menulis skripsi ataupun jurnal tidak semudah yang dibayangkan, mahasiswa perlu memperbanyak wawasan bacaan yang berkaitan dengan topik skripsi yang akan dibahas, tetapi ada kalanya wawasan pendapat para ilmiah tidak ditemukan mahasiswa di buku perpustakaan kampus. Untuk itulah mahasiswa perlu membuka internet, terkadang beberapa mahasiswa bingung bagaimana mencari situs portal internet yang lengkap untuk menambah kutipan di skripsinya, untuk itulah Google Scholar diluncurkan pada tahun 2004. Berbeda dengan Google Search yang hampir semua dokumen yang diupload di internet, Google Scholar melayani pengguna untuk menelusur dokumen-dokumen pendidikan baik berupa artikel ilmiah maupun buku teks, skripsi, jurnal, disertasi, prosiding, abstrak dan lain sebagainya.

Hampir semua jurnal ilmiah online akan disajikan dalam situs ini, dengan demikian anda dapat mengakses banyak jurnal penelitian ilmiah baik yang berakreditasi ataupun yang tidak terakreditasi. Baik nasional ataupun internasional, jadi pengguna akan memperoleh banyak informasi dari berbagai sumber dan dokumen. Google Scholar sendiri bertujuan untuk mempermudah seseorang dalam menyusun artikel ilmiah dengan memperhatikan kelengkapan teks setiap artikel, penulis, publikasi, yang menampilkan artikel dan frekuensi penggunaan kutipan artikel dalam ritelatur akademis lainnya. Berikut ini adalah cara mendownload artikel ilmiah ataupun kutipan di Google Scholar.

  1. Anda harus membuka situs https://scholar.google.co.id/ di browser anda, setelah terbuka lalu ketik keyword yang akan anda bahas lalu tekan enter atau klik ok 
  2. Dan keluar tampilan daftar-daftar baik itu karya ilmiah, skripsi ataupun artikel yang behubungan dengan keyword yang anda ketik berikut juga sumber-sumber artikelnya serta jenis filenya. Dibagian bawah rangkuman artikel tersebut ada menu-menu seperti tanda bintang yang artinya menyimpan di booksmark anda, tanda kutip “ yang berisi menu-menu sitasi, selanjutnya ada menu cited by yaitu referensi artikel lain yang membahas kasus yang sama. Disisi kananya terdapat jenis file yang akan kita download jika tersedia. 
  3. Anda bisa mendownload artikel yang telah anda pilih dan menyimpannya ke folder yang anda inginkan di dalam komputer anda. 
  4. Ketika anda ingin menggunakan sitasi anda dapat memilih menu kutipan “ dan mendownloadnya sesuai aplikasi yang anda punya contohnya BibTeX.
  5. Langkah selanjutnya untuk sitasi adalah anda harus membuka file tadi dan aplikasi BibTex akan otomatis memasukkan sitasi tersebut ke dalam aplikasi manajemen perpustakaan anda, selamat mencoba.

 

Itulah tadi portal Google Scholar yang akan mempermudahkan anda sebagai mahasiswa ataupun pelajar untuk mencari artikel-artikel terbaik serta otomatis menambahkan langsung ke daftar pustaka anda, baca terus milenials ID, terima kasih (Amry Lesmana)

 

Tags
Show More

admin

PEMILIK GROUP MILENIALS ID 1. TECHNO INDO 2. PERSIBDAY OFFICIAL YOUTUBE 3. WJG INDONESIA YOUTUBE 4. MILENIALS ID YOUTUBE 5. TECHNO INDO YOUTUBE

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close