BERITA MILENIALHot NewsPariwisataTIPS & TRICKS TEKNOWisata Milenial
Trending

Aplikasi Pencari Ikan Dijamin 70% Akurat

Hampir 70% wilayah Indonesia adalah lautan oleh karena itu Indonesia kaya akan sumber daya lautnya, tetapi sejauh ini banyak nelayan-nelayan yang belum maksimal dalam kegiatan penangkapan ikan di laut Indonesia. Terlebih lagi ada kendala-kendala lain seperti susahnya menentukan spot ikan ataupun cuaca yang membuat waktu melaut nelayan semakin tidak efisien. Seiring perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan sekarang muncul hal-hal penunjang Nelayan yang berbasis teknologi, misalnya aplikasi-aplikasi di smartphone yang tujuannya untuk memudahkan nelayan dalam pencarian ikan. Inilah aplikasi yang membuat pencarian ikan bagi para nelayan Indonesia menjadi lebih mudah.

  1. SI Nelpin (Sistem Informasi Nelayan Pintar) 

SI Nelpin di luncurkan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) guna untuk membantu menangkap ikan dilaut serta mengubah paradigma nelayan dari yang tadinya mencari ikan di laut kini berubah menjadi menangkap ikan di laut. Implementasi aplikasi ini juga diharapkan mampu menentukan fishing ground dalam kegiatan menangkap ikan, yang akan berimbas pada efisiensi waktu penangkapan ikan karena nelayan sudah terlebih dahulu tahu spot ikan dan tidak akan membuang-buang bahan bakar untuk mencari-cari spot ikan, terlebih lagi kegiatan ini juga menjadi lebih ramah lingkungan dalam peluncurannya KKP bekerjasama dengan BMKG serta berbagai instansi pemerintah terkait, adapun menu-menu yang adalah menu daerah penangkapan ikan, yaitu :

Berupa peta Indonesia dimana nelayan harus memberitahu aplikasi ini dimana posisi sekarang serta aplikasi ini akan menscan spot ikan yang ada di sekitar nelayan,

Menu Gelombang perairan yaitu informasi dari BMKG tentang tingginya gelombang disekitar spot ikan serta arah angin

  1. Perkiraan BBM, yaitu menu untuk menghitung jumlah perkiraan BBM yang keluar.
  2. Pelabuhan adalah letak-letak pelabuhan di Indonesia
  3. Informasi harga ikan di masing-masing pelabuhan
  4. Menu cuaca perairan
  5. Bantuan jika ada kendala di laut
  6. Dan menu pengajuan keluhan

 

  1. Aplikasi Laut Nusantara 

Sekali lagi Kementrian Kelautan Dan Perikanan baru-baru ini meluncurkan aplikasi yang disebut Laut Nusantara, menurut kepala Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) I Nyoman Radiarta “aplikasi ini bekerja sama dengan salah satu penyedia layanan komunikasi nasional, jikalau nelayan menangkap ikan di lokasi yang dipetakan akurasi pendapatan ikannya di klaim sebesar 50% serta kalau musim tertentu akurasi mendapat ikan di tempat yang dipetakan naik sebesar 70%” . Aplikasi ini terdapat 6 fitur utama yaitu:

a. Pesisir

Di dalam fitur pesisir pengguna aplikasi dapat mengetahui dimana saja posisi ikan yang akan ditangkap, titik-titik lokasi ikan digambarkan dengan check point berlambang ikan, kemudia ketika di tekan di lambing tersebut munculah penjelasan tentang wilayah perairan, lokasi di peta perairan, arah angin, kecepatan angin, tinggi gelombang laut, serta terdapat tanggal pembaruan terakhir data.

b. Perairan khusus

Di dalam fitur perairan khusus ini sama dengan fitur pesisir tetapi lokasi perairannya saja yang berubah.

c. Laut lepas

Sama halnya dengan fitur pesisir dan perairan khusus, yang membedakan fitur ini hanyalah spot penangkapan ikan.

d. Kelautan

Difitur ini terdapat pemetaan wilayah laut Indonesia serta batas-batas wilayah laut Indonesia

e. Hitung BBM

Fitur ini adalah fitur simulasi perkiraan BBM yang akan dikeluarkan jika nelayan pergi melaut.

f. Tangkapan nelayan

Fitur ini berisi tentang daftar harga ikan di beberapa pelabuhan berikut jenis-jenis ikannya.

Itulah tadi aplikasi yang  memudahkan nelayan dalam mencari dan menangkap ikan, terima kasih sudah membaca milenials.id (Amry Lesmana)

 

Tags
Show More

admin

PEMILIK GROUP MILENIALS ID 1. TECHNO INDO 2. PERSIBDAY OFFICIAL YOUTUBE 3. WJG INDONESIA YOUTUBE 4. MILENIALS ID YOUTUBE 5. TECHNO INDO YOUTUBE

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close