BERITA MILENIALHot NewsPariwisataTIPS & TRICKS TEKNOWisata Milenial
Trending

Mengenal Apa itu Drone dan Fungsinya

Drone merupakan salah satu teknologi canggih yang saat ini semakin populer dan banyak orang yang memilikinya. Oleh karena itu, tidak heran jika kata drone sering didengar di berbagai tempat. Namun meskipun sudah populer, nyatanya masih ada yang belum mengenal apa itu drone dan fungsinya.

Untuk Anda yang ingin mengenal apa itu drone dan fungsinya, drone merupakan pesawat tanpa awak yang dikendalikan dari jarak yang jauh dan biasanya drone dikendalikan dengan remot kontrol atau teknologi yang saat ini sudah semakin canggih membuat drone juga bisa dikendalikan melalui smartphone.

 

Apa itu Drone dan Fungsinya

Setelah mengetahui apa itu drone, ketahui juga fungsi yang dimiliki oleh drone. Berikut beberapa fungsi drone yang harus Anda ketahui:

  1. Awalnya drone digunakan pada bidang militer yang berfungsi untuk memata-matai musuh atau digunakan sebagai pengintai di wilayah yang sedang terjadi konflik. Tak hanya itu saja, teknologi drone yang semakin berkembang bisa digunakan untuk melakukan misi pencarian dan penyelamatan. Fungsi drone ini sangat bermanfaat untuk pihak Search and Resque (SAR).
  2. Fungsi drone yang selanjutnya adalah drone berfungsi sebagai alat pembantu pada bidang jurnalistik. Drone bisa dimanfaatkan untuk memotret, merekam video, serta untuk mengumpulkan berbagai data. Dengan adanya drone, kegiatan jurnalistik dalam mencari informasi di lapangan menjadi lebih mudah.
  3. Drone berfungsi sebagai alat pengantar atau pengiriman. Pengiriman makanan atau barang bisa dilakukan dengan drone dan manfaat yang satu ini bisa akan lebih canggih jika terus dikembangkan.
  4. Drone sebenarnya bisa dikembangkan oleh siapa saja yang bisa membuat drone menjadi memiliki keahlian khusus. Hal tersebut bisa dikembangkan sesuai dengan keinginan sehingga drone bisa lebih bermanfaat.

Itulah sedikit penjelasan tentang mengenal apa itu drone dan fungsinya. Namun selain mengenal apa itu drone dan fungsinya, tidak ada salahnya jika mengetahui juga beberapa jenis drone jika dilihat berdasarkan baling-baling yang digunakan:

  1. Drone Tunggal atau Fixed Wing Drone

Drone yang satu ini berbentuk seperti pesawat komersial dan biasanya digunakan untuk proses atau sesuatu yang cepat. Drone jenis ini bisa menjangkau tempat yang lebih jauh dan biasanya digunakan untuk keperluan pemetaan atau mapping dengan konsep yang hampir sama dengan scanning. Menggunakan drone jenis ini lebih hemat energi karena daya baterai hanya digunakan untuk baling-baling tunggal.

  1. Drone Multi atau Multicopter Drone

Drone jenis multi lebih sering ditemui untuk mengambil gambar atau video dengan kualitas yang bagus. Hal tersebut bisa dilakukan karena drone lebih stabil. Selain itu, jenis ini memiliki daya angkut yang lebih besar, misalnya mengangkut kamera yang berat. Semakin banyak baling-baling yang digunakan drone maka drone akan lebih stabil. Pada jenis ini ada beberapa macam baling-baling, antara lain:

  1. 3 baling-baling atau 3Copter
  2. 4 baling-baling atau quadcopter
  3. 6 baling-baling atau hexacopter
  4. 8 baling-baling atau octacopter

Untuk Anda yang ingin memiliki drone, lebih baik untuk mencari tahu terlebih dulu jenis drone yang diinginkan atau yang sesuai dengan kebutuhan. Cari referensi sebanyak mungkin untuk bisa mendapatkan drone yang sesuai. Selain itu, sesuaikan juga dengan budget yang dimiliki. Dengan mengetahui terlebih dulu drone yang sesuai dengan kebutuhan maka penggunaan drone bisa lebih maksimal.

Itulah sedikit ulasan tentang mengenal apa itu drone dan fungsinya. Semoga bermanfaat.

Tags
Show More

admin

PEMILIK GROUP MILENIALS ID 1. TECHNO INDO 2. PERSIBDAY OFFICIAL YOUTUBE 3. WJG INDONESIA YOUTUBE 4. MILENIALS ID YOUTUBE 5. TECHNO INDO YOUTUBE

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Close