BERITA MILENIALHot NewsTIPS & TRICKS TEKNO
Trending

Rumah Dekat dengan Kos? Yuk Buka Bisnis Laundry Kiloan!

Menjadi seorang pebisnis memang harus memiliki rencana yang matang. Apalagi jika baru pertama kali membuka usaha. Tentu banyak persiapan yang harus dilakukan. Tetapi langkah paling awal dan paling sering ditanyakan adalah bisnis apa yang paling tepat dan menguntungkan? Tidak banyak orang yang berani berbisnis karena alasan utamanya adalah takut rugi atau tidak balik modal. Padahal jika direncanakan dengan baik dan mengerti potensi sekitar tentu hal ini bisa diminimalisir. Seperti ketika rumah anda dekat dengan kos-kosan. Mengapa tidak membuka bisnis laundry kiloan?

Kos-kosan yang dihuni oleh mahasiswa dan para pelajar lebih mungkin membutuhkan jasa laundry. Mereka tidak mau atau tidak memiliki waktu untuk mencuci banyak pakaian. Alasannya bisa berbagai macam seperti tidak ada waktu, cucian terlalu banyak atau ribet. Disinilah peluang yang bisa anda manfaatkan dengan baik. Apa langkah-langkah untuk membuka bisnis laundry kiloan ini?

Langkah Membuka Bisnis Laundry Kiloan

  1. Mengerti Teknik Mencuci

Salah satu persiapan penting tetapi sering dilupakan adalah mengerti teknik mencuci yang baik dan benar. Meski anda menggunakan mesin cuci tetapi perhatikan bagaimana cara mencuci yang tidak merusak pakaian. Mencuci yang bisa menghilangkan noda-noda pada pakaian. Jika hal ini belum diketahui betul khawatirnya bisa mengecewakan konsumen anda. Ketahui juga berapa kapasitas tenaga yang bisa digunakan dalam satu hari untuk mencuci.

  1. Lokasi yang Strategis

Lokasi yang dekat dengan rumah kos adalah yang paling strategis. Meski anda juga bisa membuka bisnis laundry kiloan ini di perumahan-perumahan. Pilih lokasi dekat perkantoran, dekat kontrakan, dekat kampus, kawasan industri dan komplek perumahan. Lokasi yang tepat akan membantu anda menjaring banyak konsumen nantinya.

  1. Lihat Tingkat Persaingan

Setelah menentukan lokasi yang tepat, lihat bagaimana persaingan dari usaha ini. Hal yang perlu anda pelajari adalah bagaimana kompetitor menjalankan usahanya. Apakah di tempat anda belum ada bisnis serupa, hal ini bisa menjadi lebih mudah. Tetapi jika di sekitar anda sudah ada kompetitor, anda membutuhkan persiapan lebih. Apabila anda siap bersaing, cobalah memberi nilai lebih seperti dari segi pelayanan, hasil cucian lebih bersih dan juga pengerjaan yang cepat. Hal – hal yang tidak dimiliki oleh kompetitor bisa anda ciptakan.

  1. Siapkan Perlengkapan Laundry

Jika beberapa hal tersebut sudah anda siapkan, saatnya untuk mencari perlengkapan laundry. Mulai dari desain banner, kios, serta kelengkapan mesin cuci, sabun, pengharum, setrika dan lain sebagainya. Memilih perlengkapan-perlengkapan ini harus disertai dengan pertimbangan harga agar anda tidak mengalami kerugian. Terutama jika anda membeli mesin cuci baru dan peralatan lainnya.

  1. Mulai Promo

Bisnis laundry kiloan ini juga butuh promo yang menarik. Yaitu dengan membuat flyer, pasang iklan di media sosial, di radio atau media cetak. Berikan diskon atau potongan harga untuk pertama kali cuci. Selanjutnya anda bisa mengkombinasikan promo lainnya agar menarik para konsumen. Jika ingin membuat promo jangan lupa untuk tetap menghitung laba rugi agar tidak terlalu besar kerugian yang anda miliki.

Berbisnis adalah salah satu impian banyak orang, anda bisa memulainya dengan mudah jika mengetahui potensi yang dimiliki. Baik dari diri sendiri maupun dari lokasi bisnis yang anda tentukan. Rencanakan dengan baik apa yang akan anda jalankan. Bisnis laundry kiloan ini cocok untuk menjadi penghasilan tambahan. Perhitungkan segala sesuatunya dengan baik mulai dari menentukan harga, peralatan yang dibutuhkan hingga berapa besar gaji dari karyawan yang anda butuhkan.

Tags
Show More

admin

PEMILIK GROUP MILENIALS ID 1. TECHNO INDO 2. PERSIBDAY OFFICIAL YOUTUBE 3. WJG INDONESIA YOUTUBE 4. MILENIALS ID YOUTUBE 5. TECHNO INDO YOUTUBE

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close