BERITA MILENIALHot NewsPariwisataTIPS & TRICKS TEKNO
Trending

Apa saja sih profesi yang ada dalam dunia penerbangan ? Anda Tertarik?

Mungkin bagi sebagian orang tau soal dunia penerbangan dan sering  melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang jadi sudah biasa dengan yang namanya pesawat terbang.

namun masih banyak loh orang-orang yang takut untuk melakukan perjalanan menggunakan pesawat alasannya  mulai dari takut jatuh,takut ketinggian dan sebagainya.

pesawat terbang banyak dipilih sebagai alat transportasi favorit karena efensiensi waktu,biaya serta keamanannya. tidak dipungkiri banyak orang yang menggunakan jasa angkutan yang satu ini terutama bagi kalangan menengah- keatas.

namun sekarang tidak hanya kalangan menengah-keatas tetapi semua orang dari setiap kalangan banyak juga kok yang sudah menggunakan jasa transportasi ini juga.

keunggula pesawat terbang dipilih sebagai alat transportasi favorit adalah karena pesawat merupakan alat transportasi tercepat yang ada di muka bumi ini serta dengan tingkat keamanan yang super aman. jadi jangan takut jika teman-teman ingin menggunakan jasa angkutan yang satu ini.

tapi mimin tidak akan membahas tentang  pesawat ya melainkan akan membahas beberapa profesi yang ada dalam dunia penerbangan.

nah langsung saja ini dia beberapa profesi yang ada dalam dunia penerbangan.

  1. Pilot / Co pilot

Pilot merupakan pekerjaan yang banyak diinginkan oleh sebagian besar orang karena pekerjaan ini terlihat keren jika dilihat dari seragam dinas nya lho, dulu mimin juga sempat bercita-cita untuk menjadi seorang pilot namun karena suatu hal akhirnya mimin mengurungkan niat utuk menjadi seorang pilot.

pilot biasa disebut sebagai sopir oleh orang awam karena ya memang tugas seorang pilot adalah sebagai orang yang menghantarkan kita sampai ketempat tujuan dengan selamat,aman dan nyaman.

namun yang membedakan pilot dengan sopir yang lainnya adalah karena pilot bukanlah seorang sopir darat melainkan sopir di udara,  wahh keren banget tuh.

jika teman-teman berkeinginan untuk menjadi seorang pilot mimin sarankan untuk dari dini belajar yang giat dan rajin terutama pada pelajaran ilmu pengetahuan alam ( ipa ) dan matematika ( mtk ).

karena kedua pelajaran disekolah ini sangat diperlukan untuk menjadi seorang pilot pasal nya seorang pilot dituntut untuk pandai menghitung kemungkinan yang terjadi serta memberikan keputusan yang tepat.

nah satu lagi yang harus teman siapkan adalah biaya pendidikan untuk menjadi seorang pilot tidak sedikit loh bahkan sekolah pilot seperti STPI ( sekolah tinggi penerbangan indonesia ) yang di subsidi pemerintah saja masih berkisaran antara 600 – 900 jutaan loh.

tetapi jika teman-teman memiliki keinginan keras hal tersebut tidak akan menghalangi impian kalian teruslah belajar, berdoa, dan berusaha.

  1. Pramugari / Pramugara

Pramugari sebutan bagi staff wanita sedangkan sebutan untuk staff pria yaitu pramugara.pekerjaan yang satu ini membutuhkan kesabaran yang ekstra serta murah senyum, pasalnya pekerjaan ini menuntut karyawannya untuk berpenampilan menarik sehingga para penumpang yang menggunakan jasa angkutan udara merasa nyaman ketika berada didalam pesawat . oh ya satu lagi harus wangi tentunya :V

pasti teman-teman yang pernah naik pesawat bertanya-tanya siapa sih yang melakukan announcement  ketika pesawat sebelum dan sesudah lepas landas dan jawabannya yaitu pramugari.

jika ditelusuri lebih dalam sebenarnya pekerjaan ini sama seperti pelayan di restoran atau cafe  namun yang membedakannya adalah tugas inti seorang pramugara/pramugari adalah bukan sekedar melayani penumpang semata namun juga memastikan keamanan para penumpangnya sehingga selamat sampai tujuan.

walaupun kelihatannya lemah lembut dan murah senyum ternyata para cabin crew ini menerima beban pekerjaan yang berat loh pasalnya ia harus bekerja sesuai jadwal dan meninggalkan anak serta keluarganya dirumah belum lagi ditambah resiko jika sewaktu-waktu pesawat mengalami kecalakaan .

nyawa loh guys taruhannya wiiih hebat anget ya mas sama ma nya ini tetap tersenyum walaupun kematian bisa kapan saja menghampirinya salut deh pokoknya.

  1. Avsec ( Aviation Security )

Kebanyakan orang mungkin menganggap avsec adalah satpam karena kepanjangan avsec serta inti dari pekerjaan ini adalah securuty/pengamanan.

yap benar, namun semua itu tidak seluruhnya benar  karena avsec dan satpam itu berbeda, yang membedakan nya adalah satpam merupakan pekerjaan pengamanan tanpa lisensi sedangkan seorang avsec adalah petugas pengamanan Bandara yang dilengkapi dengan lisensi/ Stkp ( surat tanda kecakapan pesonel ).

nah jadi sudah tau kan apa yg membedakan keduanya?

sekedar pengetahuan nih saya akan memberitahukan bahwa avsec itu berbeda-beda tugasnya loh dan avsec juga dibagi menjadi 3 yaitu :

  • Avsec maskapai / Airlines

tugas dari avsec ini berbeda pasalnya tugas utama nya adalah khusus untuk pengamanan pesawat milik maskapai dimana tempat ia bekerja seperti pengamanan untuk para ground handling yang bertugas dan staff lainnya yang bertugas keluar masuk pesawat nah tugasnya adalah memeriksa orang yang keluar / masuk pesawat.

  • Avsec Angkasa Pura

Avsec ini bertugas dibawah naungan BUMN, jadi bisa disebut bertugas untuk negara dan menjamin keamanan serta keselamatan para penumpang

yang menggunakan jasa angkutan udara. para avsec angkasapura termasuk petugas ikatan dinas loh. jadi tidak heran jika pekerjaan ini banyak sekali peminat serta ketatnya persaingan jika ingin menjadi avsec angkasa pura.

para avsec angkasa pura bekerja sesuai dengan wilayah dan bandara yang dimiliki oleh angkasa pura , saat ini pt angkasa pura dibagi menjadi 2 yaitu Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II pembagian ini berdasarkan dengan wilayah yang tercakup di dalamnya.

  • Avsec Dinas Perhubungan

berbeda dengan avsec angkasa pura, avsec ini berada dibawah naungan Kementrian Perhubungan ( Dishub ).

kebanyakan pekerjaan ini jika dilihat dari gajinya adalah menurut standar UMR daerah tempat bandara ini berdiri jadi setiap daerah tidak sama ya teman-teman tergantung tempat/daerah bandara itu berada.

4.Ground Staff

Cantik banget ya guys mba-mbanya hehe gak kalah cantik  sama pramugari,ohya ini dia pengertian pekerjaan Ground staff penerbangan secara singkat jika sahabat milenials masih bingung dan belum mengerti.Ground Staff adalah staf maskapai penerbangan yang bertugas di darat. Ia bertanggung jawab untuk membantu penumpang pada proses check in, boarding, disembarking, menangani bagasi penumpang, dan penjualan tiket. Seperti pramugari dan pramugara, ground staff adalah komponen penting dalam operasi penerbangan.

Untuk dapat menjadi seorang ground staff dibutuhkan pengetahuan dunia penerbangan, keahlian customer service, complaint handling, dan penguasaan Bahasa Inggris untuk dunia penerbangan.

jadi mba-mba ground staff ini yang akan membantu sahabat milenials jika sedang atau akan melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang di counter check in masing-masing maskapai.

karena beda maskapai beda juga Ground staff serta aturannya

nah itulah tadi profesi yang ada di dalam dunia penerbangan, sebenarnya masih banyak lagi profesi yang ada di dunia penerbangan namun kali ini mimin hanya membahas 4 saja.

setiap pekerjaan pasti memiliki resiko nya masing-masing dan inti dari setiap profesi yang mimin bahas tadi diatas adalah setiap staff penerbangan itu berkaitan satu antara lain dan tujuan utamanya adalah menghantarkan setiap orang yang menggunakan jasa angkutan udara supaya sampai ke tempat tujuan dengan Selamat, aman dan nyaman.

staff penerbangan di tuntut agar tidak melakukan kesalahan loh sahabat milenials yang artinya harus zero mystic karena didalam dunia penerbangan ada motto / slogan yang berbunyi

“ Sky Is Unlimeted, But There is No Room For Error “

Tags
Show More

admin

PEMILIK GROUP MILENIALS ID 1. TECHNO INDO 2. PERSIBDAY OFFICIAL YOUTUBE 3. WJG INDONESIA YOUTUBE 4. MILENIALS ID YOUTUBE 5. TECHNO INDO YOUTUBE

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close